PENYALAHGUNAAN TRAMADOL DAN KOMIX PADA REMAJA DI KABUPATEN BIMA

Mr. Fardin, Andi Asrina

Abstract


Tujuan: Untuk mendapatkan informasi dan menganalisis secara mendalam penyalahgunaan tramadol dan komix pada remaja di Kabupaten Bima Tahun2018. Metode Penelitian: Jenis penelitian metode kualitatif yang mengeksplorasi secara mendalam mengenai penyalahgunaan tramadol dan komix pada remaja di Kabupaten Bima melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi secara terus menerus selama penelitian berlangsung dan informan penelitian adalah remaja yang berada di kabupaten Bima. Hasil: Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa remaja mengetahui perilaku penyalahgunaan tramadol dan komix serta bahayanya, akan tetapi karena ada tujuan tertentu sehingga memilih untuk tetap mengkonsumsinya. Selain itu hal yang memicu penyalahgunaan tramadol dan komix bervariasi mulai dari pengaruh pertemanan, kerasnya didikan orang tua dan mudahnya mendapatkan obat-obat tersebut. Rekomendasi: memberikan informasi kepada remaja mengenai bahaya menyalahgunakan tramadol dan komix dengan meningkatkan peran berbasis sekolah dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), peran serta masyarakat khususnya keluarga dan pengawasan penyalahgunaan obat dan tramadol dan komix oleh pihak terkait sampai kepada instansi yang terkecil untuk ikut berperan aktif dalam memberantas tramadol dan komix.


Keywords


Penyalahgunaan, Tramadol Dan Komix, Remaja

Full Text:

Full Paper

References


Adnani Hariza, 2014.” Ilmu Kesehatan Masyarakat”. Pustaka Muha Medika Yogyakarta.

Ahmad Kholid, 2015. Promosi Kesehatan dengan pendekatan teori perilaku, media dan aplikasi.

Andi Asrina, Palusturi S, Andayanie E, dkk. 2018. Culture and Health Behavior of Buton Society of Baubau City Southeast Sulawesi.

Andi sulfida musdar, dkk. 2018. Gambaran Faktor yang Mempengaruhi Penyalahgunaan Obat Pcc (Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol) Di Kota Kendari: Jurnal Ilmiah VOL.3/NO.2/ April2018;ISSN 2502-731X, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo.

Anhari, Ahmad. 2012. Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Adyatma, M. Ari. 2016. Penyebab Remaja Mengkonsumsi Obat Batuk Untuk Mabukmabukan Di Nagari Pasar Tapan Kecamatan Basa Ampek Balai Kabupaten Pesisir Selatan: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Sosiologi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Pgri Sumatera Barat.

Azwar S, 2013. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Fauzan, Sutriyani. 2014. Budaya Mumbul di Kalangan Pelajar di Kabupaten Gowa. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanudin Makassar.

Notoatmodjo S, 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo S, 2007. Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmojo S, 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta PT Rineka, Cipta

Nurhikmah, Baharudin. 2015. Perilaku Penyalahgunaan Obat Keras Terhadap Buruh Bangunan Makasar: Jurnal, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin Makassar.

Rahim, Firnasrudin, Ridwan. Dkk 2014.“Penyalahgunaan Obat Tramadol dan Somadril Terhadap Perilaku Seks Beresiko Komunitas Gay Kota Makassar”, Artikel Penelitian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Santoso, Topo dan Anita, Silalah. 2000. ”Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja Suatu Perspektif”, Jurnal Kriminologi Indonesia Vol. 1 September 37- 45.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sri Yulianty Masoara. 2017. ” Tinjauan Yuridis Terhadap Penyalahgunaan Komix Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika”, Jurnal Lex Crimen Vol. VI/No. 9/Nov/2017.

Window of Health. 2018. Dampak Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA) terhadap Perilaku Seks Pranikah: Jurnal Kesehatan, Vol. 1 No. 3 (Juli, 2018), Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia.

Yonir, Krisna, Wenny, Maylinda 2016. Studi Kasus Kebiasaan Mabuk Menggunakan Media Obat Batuk Komix pada remaja di Kelurahan Purwanegara: Skripsi Program Studi S-1 Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negri Purwokerto, (Online), (https://www.google.com/search?q=jurnal+Analisis, diakses 08 Agustus 2016).




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v3i1.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.