PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PRIVATE CARE CANTRE RSUP DR WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR
Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Private Care Centre RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Metode Penelitian: Survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sebanyak 40 orang. Hasil: Sebagian besar pasien menganggap perilaku caring perawat baik (82,5%), lebih dari setengah pasien g puas terhadap pelayanan keperawatan (75,0%), ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Private Care Centre RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar (p=0,006). Implikasi penelitian: ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Olehnya itu diharapkan kepada perawat agar memberikan pelayanan secara optimal dengan memberikan pelayanan secara profesional dengan membudayakan perilaku caring dalam pelayanan seharihari.
Keywords
References
Abdullah, Saleh, A., & Sjattar, E.
L. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat InapRumah Sakit. Makassar: Program Magister ilmu Keperawatan universitas Hasanuddin.
Ahituta, d. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Mutu Pelayanan di RSUD Dr M.Haulussy Ambon. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Firdaus, Z., & Muhlisin, A. (2010). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Husein, M. (2007). Patient Satisfaction with Nursing Care Rumah Sakit Dera Ismail approach.
Journal of Advanced Nursing .
Mustofa. (2008). Hubungan Antara Persepsi Pasien Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal keperawatan , 1 (2):33 – 37.
Permenkes. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan No 129 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan.
Potter, P., & Perry, A. (2008).
Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.
Rahayu, S. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap caring yang dipersepsikan oleh perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP Persahabatan Jakarta. Jakarta: Program Magister Ilmu Keperawatan FIK UI.
Riswan, Hamzah, & Hakim. (2013).
Faktor Determinan Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas
Hasanuddin.
RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. (2015). Rekam Medis Private Care Center RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar. Makassar:
RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo.
Singgih, & Yulia. (2012). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Libri.
Spiegel, A., & Backhaut, B. (2008). Curing and caring : A review of factors affecting the quality and acceptability of health care. New York: Spectrum Publication.
Watson, J. (2008). Nursing : Human science and human care. New York: National League for Nursing.
Wiyono, D. (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.
Zees, R. (2012). Analisis Faktor budaya Organisasi yang Berhubungan dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana di Ruang
Rawat Inap RSUD Prof. Dr.H. Aloei Saboe Gorontalo. Depok:
Univwrsitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v1i1.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.