PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP STANDAR AKREDITASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RAWAT JALAN RSUD H. PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR

Afriyana Amelia Nuryadin, Dian Ekawaty, Mangindara Mangindara, Adriyana Adevia, Suci Rahmadani, Risma Aprianti

Abstract


Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan merupakan derajat atau tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Standar Akreditasi adalah pedoman yang berisi tingkat pencapaian yang harus dipenuhi oleh rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui pengaruh pengaruh antara mutu pelayanan terhadap standar akreditasi pada masa pandemi Covid-19 di Rawat Jalan RSUD H. Padjonga daeng Ngalle Takalar Tahun 2021. Metode Penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel penelitain sebanyak 97 responden. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji chi-square pada variabel realibility (kehandalan), assurance (jaminan), tangibles (bukti langsung), empathy (empati), responsiveness (daya tanggap) didapatkan bahwa nilai P = 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Standar Akreditasi Pada Rawat Jalan Pada Masa Pandemi Covid-19 RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Takalar Tahun 2021.

 

 


Keywords


Mutu Pelayanan, Standar Akreditasi, Rumah Sakit, Rawat Jalan, Pandemi Covid-19.

Full Text:

Full Paper

References


Alamri, A. M. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dengan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. PHARMACON, 4(4).

Arisandy, W. (2015). Strategi Dinas Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan melalui Metode CRC (Citizen Report Card) di Kota Surabaya. Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Asmirajanti, M., Aliyupiudin, Y., Rusmini, S., Rumondang, P. R., Chanafie, D., & Supyono, S. (2021). Penerapan Standar Akreditasi Terhadap Mutu Dan Keselamatan Pasien Sebelum Dan Selama Pandemi Covid 19. The Journal of Hospital Accreditation, 3(2), 65-70.

Az-Zahroh, Tazkiyatun Nafs. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi) 12.2 , 99-111.

Devi, Dkk. 2014. Hubungan Persepsi Penggunaan Layanan Tentang Mutu Pelayanan Unit Rawat Inap (VIP) Gryatama Dengan Minat Pemanfaata Ulang Di BRSU Tabanan.

Dewi, U. Aulia. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Farida, N. L. (2017). Pengaruh Bukti Fisik, Kehandalan Dan Ketanggapan Terhadap Kepuasan Pelanggan Salon Magani Di Desa Cerme Kabupaten Nganjuk. Fakultas Ekonomi, 01(07).

Habibi, A. H., Hakim, F. H., & Azizi, F. S. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2), 11-21.

Halimatus’adiah, 2015. Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Dengan Minat Pemanfaatan Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Ciputat Timur. Skripsi. Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Haryanto, H., Utary, A. R., & Azis, M. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus Pada Wisata Ladaya Kota Tenggarong). Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 2(4).

Irasti, E., & Widodo, S. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Rw 04 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur Tahun 2016. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 7(2), 13.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014. Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2014. Jakarta.

Kharisma, N. N., Dkk. (2020). Gambaran kebutuhan pembelajaran daring PKBM Budi Utama Surabaya pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38-45.

Komisi Akreditasi Rumah Sakit. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1. Kemenkes RI.

Latupono, A., Maidin, M. A., & Zulkifli, A. (2014). Hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Masohi tahun 2014. Jst Kesehatan, 5(1), 74-81.

Maghfiroh, Dkk. (2017). "Analisis kesiapan puskesmas Demangan Kota Madiun dalam menghadapi akreditasi." Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13.4, 329-336.

Masruroh, S. (2019). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi (Studi Empiris Pada Rumah Sakit Umum Daerah Muntilan). Indo American Journal Of Pharmaceutical Sciens, 23 (3): 6-45

Nofiana, H., & Sugiarsi, S. (2011). Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftarandengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Karanganyar. Rekam Medis, 5(1).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 012 Tahun 2012. Akreditasi Rumah Sakit. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahu 2012. Jakarta.

Phonna, C. D., Sari, D. R., Nuryanti, A., & Karo, D. B. (2021). Persepsi Perawat Tentang Dampak Akreditasi Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan. The Journal of Hospital Accreditation, 3(2), 79-83.

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website e-commerce Traveloka. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 2016, pp. 649-657).

Saputra, M. G., & Yuniar, I. (2020). Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Online Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Journal Of Health Care, 1(1).

Sakit, S. A. R. (2018). Nasional Akreditasi Rumah Sakit Edisi 1

Silalahi, A. (2020). Perubahan pola hidup pada situasi covid-19 adaptasi pada pola hidup normal baru. Researchgate. Net.

Sim, S. (2019). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Tebing Tinggi Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Institut Kesehatan Helvetia).

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 9-15.

Taekab, A.H. Dkk, 2018. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal).7(1): 31-40.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149-155.

Ulinuha, F. E. (2014). Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan (URJ) Rumah Sakit Permata Medika Semarang Tahun 2014. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Ummah, A. R., & Supriyanto, S. (2014). Analisis mutu pelayanan kesehatan berdasarkan dimensi dabholkar di paviliun mina rumah sakit 30. Siti Khodijah Sepanjang. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1).

Utama, A. (2003). Analisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah sakit umum cakra husada Klaten. Jurnal Opsi, 1(2), 96-110.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19). situation report, 82.

Yasni, Y., Dkk. (2020). Hubungan Marketing Mix Terhadap Kunjungan Ulang Pasien Di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tengggara. Jurnal Keperawatan, 4(02), 22-35.




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v6i2.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.