MINAT NASABAH PENGGUNAAN APLIKASI MOVIN PADA PT. BANK MANDIRI TASPEN CABANG MAKASSAR

I MADE PARIASTAWA, Hikma Niar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat dan keamanan terhadap minat nasabah pensiun dalam menggunakan Movin pada PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Makassar secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh nasabah PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Makassar sebanyak 8.877 orang. Mengingat besarnya jumlah nasabah maka teknik pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan, manfaat dan keamanan Papua berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat
nasabah pensiun dalam menggunakan Movin pada PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Makassar.


Keywords


Customer Interest; Convenience; Benefits; Security; Moving

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh dan Muhib Abdul Wahab, 2014. Psikologi Suatu Pengantar (Dalam Prespektif Islam), Ajuha, B. 2017. Dasar-Dasar Perbankan. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Annisa Fitri Iriani. 2018. Melakukan penelitian dengan judul Minat Nasabah dalam Penggunaan

Mobile Banking Pada Nasabah Bank Mandiri. Journal of Islam Management and Bisnis. 2(2):99-111.

Basu Swastha Dharmmesta, 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Fajar

Sodik, dkk, 2022 . Analisis Minat Pada Fitur Pembelian Mobile Banking BSI: Pendekatan TAM dan TPB. Journal of Business Management and Islamic Banking. 1(1): 35-53.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro, Semarang.

I Gusti Ayu, dkk. 2014. Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2014. Standar Akuntansi Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Ikatan Bankir Indonesia, 2014, Memahami Bisnis Bank. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Jahja, Yudrik. 2015. Psikologi Perkembangan. Prenada Media, Jakarta.

Jogiyanto, H. M. 2019. Sistem InformasiKeperilakuan, Erlangga, Yogyakarta.

Kasmir, 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Raja Grafindo. Persada. Jakarta.

Kinnear dan Taylor, 2014, Riset Pemasaran, (Terjemahan oleh Thamrin). Edisi Tiga, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob Sabran. Erlangga, Jakarta.

Hanif Astika, dkk. 2017. Analisis Penggunaan Mobile Banking dengan Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) yang Telah Dimodifikasi. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Manajemen. (IV) 1:24-29.

Maryanto Supriyono. 2014. Buku Pintar Perbankan. Andi Offset, Yogyakarta.

Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2014. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Erlangga, Jakarta.

Ni Komang Rina, dkk. 2017. judul Analisis Minat Perilaku Nasabah Terhadap Layanan Mobile Banking dengan Model TAM dan TRA (Studi di Kota Denpasar. Prosiding Seminar Nasional AMI: 386-395.

Nursiah, Muh. Ferils dan Jamaluddin Kamaruddin. 2022 Analisis MinatMenggunakan Mobile Banking. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. 19 (1):91100.

Riswandi Budi Agus , 2015. Aspek Hukum Internet Banking, Persada, Yogjakarta

Saraswati, Erwin dan Hardianti. 2013. Faktor Minat Perilaku Menggunakan. Sistem Informasi Akuntansi Berbasis ECommerce. Simposium Nasional. Akuntansi XVI.




DOI: https://doi.org/10.33857/pamj.v7i2.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

Editorial office :

Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Telepon : 0411-8225111, 8225112, 8225113 | Email : upa@patria-artha.ac.id