PENINGKATAN MUTU KUALITAS UJIAN SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTER BASED TEST (CBT) BEESMART PADA SMKN 2 BUNGORO

Muh Akbar, Wakhid Yunendar

Abstract


Penelitian ini merupakan proses yang sangat penting untuk memaksimalkan proses evaluasi di SMK Negeri 2 Bungoro. Instrumen penilaian yang memenuhi standar, secara tepat akan mengukur hasil akhir dari suatu proses. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif desktiktif dengan mengukur hasil penerapan menggunakan instrumen angket, lembar observasi dan wawancara yang diperoleh setelah menggunakan Computer Based Test (CBT) BeeSmart pada sekolah SMK Negeri 2 Bungoro dan mengakumulasikan nilai hasil menjadi data deskriktif yang akan menunjukkan persentase dari hasil penerapan yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan kualitas ujian sekolah dan dapat memaksimalkan poses evaluasi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan mutu kualitas ujian, proses penerapan CBT BeeSmart, serta hasil pengolahan respon siswa dengan kategori sebanyak 12 Responden siswa dari 33 sampel memilih “sangat baik” atau sebesar 36,4%. 18 responden siswa memilih “baik” atau sebesar 54,6% dan sisanya sebanyak tiga responden memilih “cukup baik” atau sebesar 9,1%.


Keywords


BeeSmart, CBT, evaluasi, penerapan.

Full Text:

PDF

References


Arif Nurhidayat. 2016. Implementasi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Based Test (Cbt) di SMA N 1 Wonosari. Jurnal Administrasi Pendidikan. Februari Tahun 2016.

Benner, R. E. & Gitomer, D.H. 2009. Transforming K-12 Assessment: Integrating Accountability Testing, Formative Assessment and Profesional Support In C. Wyat-Smith & JJ. Cumming (Eds). Educational Assessment in the 21st Century: Connecting Theory and Practice. London: Spinger

Dian Saputri, Ashari, Eko Setyadi Kurniawan. 2015. Pengembangan Computer Based Test (CBT) Dengan Software Hot Potatoes pada Pembelajaran Fisika Dasar 2 di Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2014/2015. Radiasi Vol. 7 No. 2 September 2015

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Novrianti. 2014. Pengembangan Computed Bases Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan, vol 17 no 1 juni 2014: 34-42

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0034/P/BSNP/XII/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016. Jakarta: Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Rogers Pakpahan. 2016. Model Ujian Nasional Berbasis Komputer: Manfaat Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 1, April 2016

Sigit Hariono. 2017. Dunia Pendidikan Anak. http://www.tuwagapat.com diakses pada tanggal 28 April 2017




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v2i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License