SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TENAGA KESEHATAN TELADAN PADA DINAS KESEHATAN KOTA TERNATE MENGGUNAKAN METODE MULTY ATTRIBUTE UTILITY THEORY (MAUT)

Sitti Ningsih, Amal Khairan, Firman Tempola

Abstract


Pemilihan tenaga kesehatan teladan merupakan kegiatan rutin setiap tahun oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate yang bertujuan untuk memberi penghargaan kepada mereka yang sudah mengabdikan diri di PUSKESMAS. Tim penilai masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan semua kegiatan mulai dari pemberitahuan ke masing-masing PUSKESMAS dan pengambilan keputusan untuk rekomendasi petugas kesehatan yang teladan. Sistem pendukung keputusan (SPK) di perlukan untuk memudahkan pekerjaan tim penilaiv dalam dalam mengefesiensi waktu dari kegiatan pemilihan tenaga kesehatan teladan.. Sistem yang dibangun ini berbasis web, pada penelitian ini di lakukan melalui literature review dan wawancara langsung pada tim penilai tenaga kesehatan. model yang digunakan adalah metode multy attribute utility theory. MAUT digunakan untuk mengidentifikasi dan menggali informasi tentang preferensi pengguna dalam konteks personal. Keseluruhan informasi tentang tingkah laku pengguna yang bersifat multi dimensional dibagi menjadi beberapa bagian yang bersifat uni dimensional untuk kemudian diberikan ukuran dan bobot. Pengukuran dan pembobotan dilakukan dengan mempertimbangkan setiap jenis konteks sebagai salah satu atribut item. Hasil metode multy attribute utility theory digunakan untuk merubah dari beberapa kepentingan ke dalam nilai numerik dengan skala 0-1, 0 mewakili pilihan terburuk dan 1 terbaik. Hasil akhirnya adalah urutan peringkat dari evaluasi alternat

Keywords


SPK; Multi Atribute Utility Theory; Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan.

Full Text:

PDF

References


Ramadiani Ramadiani, A. R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Menggunakan Metode Multi-Attribute Utility Theory Ramadiani. Teknologi Sistem Informasi, 3357(1), 1–12.

Laisouw, A, R., Lutfi, S., dan Tempola, F (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan Pada Orang Miskin Di Kota Ternate Menggunakan Metode AHP. Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), vol 3 (1), 34–40.

Wahid, I, S., Jamil, M., dan Tempola, F. (2019). "Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Beras Sejahtera (Rastra) dengan menggunakan metode Weight Product". Jurnal Protek, Vol 6(2), 68–72.

Turban, Aronson, dan Liang. 2005. Decision Support System and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid I Edisi 7. Yogyakarta: Andi.

Harison and A. Syarif, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sarana Prasarana Barat,” Jurnal TEKNOIF, vol. 4, no. 2, pp. 76–81, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.33857%2Fpatj.v3i2.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats

Editorial Office Department of Electrical Engineering :

Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com