Model Pembelajaran Intelligent Teaching and Learning with Computers (iTALC) Fokus Demo dan Let Student Show Demo pada SMKN 6 Takalar

Muh Akbar, Wakhid Yunendar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis iTALC; (2) untuk mengetahui langkah-langkah instalasi iTALC; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran iTALC. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Objek penelitian adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMKN 6 Takalar. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes objektif. Bentuk tes dalam penelitian ini berupa tes objektif tertulis pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban sebanyak 20 soal. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Data hasil belajar siswa terhadap pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran iTALC pada kelas eksperimen memiliki nilai gain lebih tinggi dibangdingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) langkah-langkah instalasi iTALC dibuat dalam bentuk instalasi sederhana dan mudah dipahami serta menghasilkan buku panduan sederhana instalasi iTACL ;

Keywords


iTALC, eksperimen, kognitif siswa, SMK

Full Text:

PDF

References


Erwan Nur Arief. 2014. Penerapan Software Netsupport School Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Di Sman 6 Garut. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Syahrilfuddin. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Cendikia Insani. Pekanbaru

Sigit Wiranto. 2014. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Interaksi Guru-Siswa. Jurnal Varia Pendidikan, 26(2), 157-166.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Syahrilfuddin. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Cendikia Insani. Pekanbaru




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v3i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License