Analisis Perancangan Mobile Learning Dengan Neatbeans 7.2

Herlinah Herlinah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi mobile learning pada handphone dengan menggunakan teknologi java programming dengan software NetBeans IDE 7.2. Aplikasi ini di buat seperti halnya media pembelajaran yang beroperasi pada Personal Computer (PC) atau Laptop, dengan menyesuaikan kemampuan spesifikasi perangkat mobile seperti kapasistas Prosesor, RAM dan ROM handphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan Model Dick dan Carey dengan luaran utama yang akan dihasilkan dalam penelitian berupa sebuah perangkat lunak, maka dalam proses pengembangan media dilengkapi dengan metode khusus pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dan menyesuaikan dengan Waterfall-based Model.Tahap perancangan aplikasi disesuiakn dengan kerangka kerja pengembangan system informasi dengan SDLC, yaitu dimulai dengan tahapan perencanaan, Analsisi, Perancangan, imlementasi, Pengujuan dan Pemeliharaan, Permodelan aplikasi mobile learning ini menggunakan design diagram diagram UML (Unified Modelling Language) berupa Use case diagram, Activity diagram, Diagram Sequensial. Hasil Rancangan system aplikasi mobile learning yang telah dibuat dan di compiler berupa file JAR (tipe file untuk aplikasi handphone) kemudian di analisis menggunakan software NetBeans IDE 7.2 dengan menggunakan fitur-fitur pada software Netbeans yaitu JvVM (Java visualVirtual Mesin) atau MicroEmulator dan JMMC (Java Monitoring & Management Console).


Keywords


software, analisis, desain Mobile Learning, Neatbenas.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada NN. Compas. www.compas.com

Haling, Abdul.2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar. Badan Penerbit UNM.

Taufiq, A. 2010. Pemograman Grafik dengan Java. Bandung. Penerbit Andi. Rosa, A.S, Shalahuddin, M. 2010. Pemograman J2ME (Belajar Cepat Pemograman Perangkat Telekomunikasi Mobile). Bandung. Penerbit Modula

Fredy Purnomo dkk. 19 Juni 2010. Analisis Dan Perancangan Sistem Mobile Krs Berbasis J2me Menggunakan Jaringan Gprs. Yogyakarta. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010). ISSN: 1907-5022.

Dewi Soyusiawaty. 2008. Aplikasi Mobile Commerce Untuk Sistem Informasi Pemesanan Sepeda Motor Imporpada Dealer Hrc (Honda Racing Cbu). TELKOMNIKA Vol. 6, No. 2, Agustus 2008. ISSN: 1693-6930

O’Farrell, Michael J. (2010). Mobile Internet For Dummies. Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Open Mobile Alliance. (2004). XHTML Mobile Profile Draft Version 1.2. Open Mobile Alliance Ltd.

Simarta, Janner. (2006). Aplikasi Mobile Commerce menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Utomo, Prasetya Ambang. (2006). Membangun Aplikasi WAP Portal untuk Instansi/Lembaga. Yogyakarta: Andi.

Tamimuddin. 2007. Mengenal Mobile Learning (M-Learning). Artikel LIMAS Edisi 18, Juni 2007.Dapat diakses dilimas.p4tkmatematika.com.




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v1i1.32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License