Optimasi Model Sistem Pembelajaran Praktikum Mikrokontroler Berbasis Kit Arduino-Uno Di Universitas Patria Artha Makassar

Rosihan Aminuddin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengembangkan model pembelajaran Praktikum Mikrokontroler berbasis Kit Arduino-Uno pada mata kuliah Mikrokontroler Program Studi Teknik Elektro di Universitas Patria Artha Makassar dan (2) Bagaimana efektivitas hasil desain bahan belajar/modul dan media Praktikum Mikrokontroler berbasis Kit Arduino-Uno pada mata kuliah Mikrokontroler Program Studi Teknik Elektro di Universitas Patria Artha Makassar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui beberapa tahapan yakni (1) analisis, (2) design (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Model pembelajaran praktikum  berbasis KIT Mikrokontroler Arduino-Uno yang telah dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli dan mengalami revisi sehingga mendapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yakni uji coba pada tahap pengembangan pertama dan uji coba pada tahap pengembangan kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran praktikum berbasis KIT Mikrokontroler Arduino-Uno yang dikembangkan setelah dilakukan proses validasi maka model pembelajaran praktikum tersebut dinyatakan valid. Model pembelajaran praktikum berbasis KIT Mikrokontroler Arduino-Uno dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana. Model pembelajaran  Praktikum berbasis KIT Mikrokontroler Arduino-Uno dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil : (1) memenuhi syarat kevalidan, (2) aktivitas mahasiswa terlaksana sepenuhnya, (3) aktivitas dosen terlaksana sepenuhnya, dan (4) Mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap Model pemebelajaran praktikum dan media KIT Mikrokontroler Arduino-Uno yang dikembangkan.


Full Text:

PDF

References


Arif Firdausi, Barnawi (2012). Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta. AR-

Ruzz Media.

Benny A. Pribadi. 2011. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses.

Jakarta: Dian Rakyat.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama,2008

Djojonegoro, W (1998). Pengembanagn Sumber Daya Manusia melalui Sekolah

Menengah Kejuruan. Jakarta : PT.Jayakarta Agung Offcit.

Endang Mulyiatiningsih. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung : Alfabeta.

Nizwardi, J. 2011, Profil Kurikulum Teknik dalam Rangka Pemenuhan Kompetensi

Dunia Industri dalam era Kesejagat, Makalah Seminar Padang : Jurusan

Teknik Mesin FT UNP.

Saifuddin Azwar. 2007. Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. 2013. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran prestasi belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wowo Sunaryo K. (2013) Dasar-dasarPendidikan Vokasi dan Kejuruan, Gramedia




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v1i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License