Rancang Bangun Sistem Parkir Dengan Menggunakan Fingerprint

Agustiawan Agustiawan, Beni Hendrawan, Mochammad Apriyadi Hadi Sirad

Abstract


Saat ini lahan parkir untuk kendaraan sudah menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga banyak pengelola parkir menerapkan berbagai sistem demi kenyamanan dan keaamanan pengguna, Salah satu Teknologi yang diterapkan pada sistem parkir adalah menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Namun pada penggunaan RFID sebagai akses rentan hilang dan lupa. Oleh karena itu Penelitian ini menerapkan  Fingerprint/Sensor Sidik Jari sebagai akses untuk keluar parkir, sedangkan untuk masukannya menggunakan push button. Sistem ini bekerja dengan scanner sidik jari pengendara yang tersimpan di sensor Fingerprint dan  data tersebut diolah pada Mikrokontroler kemudian memerintahkan motor penggerak palang parkir untuk membuka. Saat melakukan pengujian alat dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan dengan tingkat akurasi sensor Fingerprint 90%.


Keywords


Fingerprint, Parkir, Mikrokontroler

Full Text:

PDF

References


Y. Prasetyo, “Sistem Palang Parkir Gedung Elektro Politeknik Negeri Bengkalis”. Politeknik Negeri Bengkalis, 2018.

M. F. Purba, “Sistem Pemograman Sensor Sidik Jari Menggunakan Arduino Uno”. Universitas Sumatera Utara, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Medan. 2017.

M. Fadli, “Aplikasi Fingerprint sebagai Akses Pintu dan Absensi Mahasiswa”. Politeknik Negeri Bengkalis, 2018.

A. Yudhana, Sunardi, Priyatno, “Perancangan Pengaman Pintu Rumah Berbasis Sidik Jari Menggunakan Metode UML”, Jurnal Teknologi, Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta. Volume 10, Nomor 2, pp. 132-138, 2018.

J. D. Purbani, “Pembuatan Mesin Identifikasi Sidik Jari Sebagai Kunci Pengaman PINTU”. Universitas Sebelas Maret. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Surakarta, 2010

Usman, A.A Rahmansyah, N.F Apriadi, “Rancang Bangun Pagar Otomatis dengan Finger Print Berbasis Mikrokontroller”. Jurnal Teknologi Terapan, Politeknik Bosowa. Program Studi Teknik Listrik. Makasar. Indonesia. Volume 3, Nomor 1, pp. 35-41, 2017.

Aminuddin, R., Rais, M. and Sirad, M.A.H., "Implementasi Sistem Pengontrolan Smart Parking Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno Di Universitas Patria Artha". Patria Artha Technological Journal, 2(2), pp.123-132, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.33857%2Fpatj.v4i2.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats

Editorial Office Department of Electrical Engineering :

Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com