Rekayasa Aplikasi Komputerisasi Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar

Alfry Aristo J Sinlae, Frengky Tedy, Emerensiana Ngaga, Paulina Aliandu

Abstract


Sekolah Dasar XYZ memiliki permasalahan dalam pendataan barang inventaris sekolah yakni proses pencatatan masih dicatat dalam sebuah logbook sehingga jumlah barang yang tersedia tidak terupdate secara real time apabila terdapat barang yang dipinjam, barang yang diperbaiki ataupun barang yang rusak. Selain itu, petugas yang bertanggung jawab harus mengelilingi tiap ruangan satu per satu untuk melakukan pengecekan dan pencatatan barang mengakibatkan pemborosan waktu untuk mendata dan tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami pihak sekolah tersebut direkayasa sebuah aplikasi komputerisasi untuk melakukan proses pendataan barang-barang inventaris sehingga memudahkan petugas dalam melakukan pendataan sehingga kinerja menjadi lebih efektif dan efisien. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu pengumpulan informasi dari pelanggan, merencanakan sistem dan mengerjakan purwarupa perangkat lunak, menyerahkan hasil purwarupa kepada pelanggan untuk dievaluasi apabila terdapat permasalahan, maka akan direvisi sistem tersebut hingga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan, jika revisi selesai dan telah diterima, perangkat lunak telah siap diterjemahkan ke dalam perangkat keras, melakukan proses uji coba dan berbagai revisi sebelum mulai dapat digunakan. Aplikasi yang akan direkayasa ini merupakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 7 yang dipadukan dengan framework Laravel versi 5, dan basis data menggunakan MySQL serta pengujian aplikasi ini menggunakan teknik pengujian black box. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pekerjaan penanggung jawab sarana dan prasarana dalam memberikan informasi yang akurat dan terupdate mengenai ketersediaan sarana dan prasarana pada sekolah tersebut.


Keywords


Sarana dan Prasarana; Web; Laravel

Full Text:

PDF

References


A. Rahman, “Analisis dan Implementasi Sistem Aplikasi Inventory Items Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter,” Al Ulum Sains dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 35–38, 2016, doi: http://dx.doi.org/10.31602/ajst.v2i1.650.

Ridwan Setiawan, A. Ikhwana, and E. Rahayu, “Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang Berbasis Web Di Sekolah Tinggi Teknologi Garut,” J. Algoritm., 2017.

V. M. M. Siregar, “Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Sekolah SMA Negeri 4 Pematangsiantar,” IT J. Res. Dev., 2018, doi: 10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1899.

M. S. Novendri, A. Saputra, and C. E. Firman, “Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql,” Lentera Dumai, 2019.

S. Sujono, M. Maxrizal, and A. A. A. E. Helmud, “Prototipe Aplikasi Inventaris Barang pada Biro Administrasi Umum STMIK Atma Luhur,” in Sensitif 2019 (Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 2019, pp. 9–14, [Online]. Available: https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/307/271.

K. P. dan K. R. I. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, “Inventaris,” KBBI Online, 2016. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/inventaris (accessed Apr. 12, 2020).

AsikBelajar.Com, “Pengertian, Tujuan dan Manfaat Inventarisasi Sarana dan Sarana Pendidikan,” AsikBelajar.Com, 2016. https://www.asikbelajar.com/pengertian-tujuan-manfaat-inventarisasi-sarana-prasarana-pendidikan/ (accessed Apr. 06, 2020).

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, STANDAR SARANA DAN PRASARANA UNTUK SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI), SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH (SMP/MTs), DAN SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH (SMA/MA). Indonesia, 2007.

H. D. P. Bagas Prakoso Widodo, “Perancangan Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan Berbasis HTML 5 Geolocation,” J. Sist. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 44–51, 2016, [Online]. Available: https://jsiskom.undip.ac.id/index.php/jsk/article/view/108/71.

D. Naista, Bikin Framework PHP Sendiri dengan Teknik OOP & MVC, Cetakan Pe. Yogyakarta: CV. LOKOMEDIA, 2016.

Farizan Luthfi, “Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis.ID,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 1, pp. 34–41, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/JISKA/article/download/21-05/1059.

C. Shekhar, “General architecture of Laravel based application,” CuteHits.com, 2017. http://www.cutehits.com/ (accessed Jun. 06, 2020).

Sinlae, A. A. J. (2019). Komputerisasi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Pada Kantor Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur Berbasis Web. Patria Artha Technological Journal, 3(2), 60-69.

Tahir, T. B., Apriyadi, M., Rais, M., & Syarif, I. (2020). Sistem Informasi Encrypt Dan Decrypt Dengan Algoritma AES Menggunakan Framework Laravel. Patria Artha Technological Journal, 4(1), 41-46.




DOI: http://dx.doi.org/10.33857%2Fpatj.v5i1.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats

Editorial Office Department of Electrical Engineering :

Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com