Pemanfaatan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penjualan Produk Kobe Pada Cv.Ananda Jaya Berbasis Web

Surya Adi Pratama Putra, Salkin Lutfi, firman Tempola, Achmad Fuad, Amal Khairan

Abstract


Dalam penelitian ini berfokus pada penerapan data mining dengan algoritma apriori untuk menemukan pola minat pembelian dari konsumen dalam membeli kombinasi barang tertentu berdasarkan data transaksi penjualan pada produk kobe. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode data mining algoritma apriori untuk menganalisa pola penjualan pada stok produk kobe sekaligus merancang suatu perangkat lunak dengan algoritma apriori pada data penjualan produk kobe menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Metode yang digunakan adalah algoritma apriori dengan melakukan analisa pola penjualan pada produk kobe dan memanfaatkan data dari transaksi penjualan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses perhitungan pada sistem dimulai dari mencari nilai support untuk setiap item produk kobe dan kombinasi per item produk kobe. Dari pola pembelian yang ditemukan maka dapat digunakan oleh CV.Ananda Jaya Ternate dalam meningkatkan pemasaran dengan mengetahui besar kemungkinan pembelian produk dengan kombinasi barang tertentu berdasarkan penjualan pada produk kobe serta berguna dalam mengontrol persediaan produk kobe.


Full Text:

PDF

References


. Anggraini, H. D., Ragil, S., & Beta, N. (2013). Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Di Apotek Setya Sehat Semarang). Jurnal Masyarakat Informatika, Vol 4 No 7. 1-8.

. Aradea, Satriyo, A., Arian, Z., & Yuliana, A. (2011). Penerapan Decision Tree Untuk Penentuan Pola Data Penerimaan Mahasiswa Baru. Jurnal Penelitian Sitrotika, Vol 7 No 1.

. Efori, B. (2015). Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Di Supermarket. Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI) Tuktuk Siadong. 53-55.

. Ibnu, M., Fitri, M., & Dwi, P. (2017). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sim Online Universitas Widyagama Malang. Teknologi & Manajemen Informatika, Vol 3 No 1. 86-94.

. C S Fatoni, E Utami and F W Wibowo (2018). Online Store Product Recommendation System Uses Apriori Method. Journal of Physics: Conference Series

. A. R. Riszky, M. Sadikin (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 7 (3). 103-108.

. S. Panjaitan, dkk. (2019). Implementation of Apriori Algorithm for Analysis of Consumer Purchase Patterns. Journal of Physics: Conference Series.

. M Fhadli dan F Tempola. (2020). Data Mining Dengan Python Untuk Pemula. CV. EMedia Penerbit. Bogor. ISBN: 9786232815223




DOI: http://dx.doi.org/10.33857%2Fpatj.v5i1.394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

View My Stats

Editorial Office Department of Electrical Engineering :

Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com