Analisis User Interface Website Organisasi Berbasis Task Centered System Design

Irwan Syarif, Rosihan Aminuddin, Muh Rais, Syamsumarlin Taha

Abstract


Amal Insani merupakan salah satu lembaga kemanusiaan yang membantu sosial masyarakat dengan program kerja dalam kegiatan organisasi mereka. Dalam realitanya, Amal Insani membutuhkan website untuk menjadi media dalam menjangkau lebih banyak donatur dan memperkenalkan lembaga pada masyarakat luas. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah penelitian untuk merancang website lembaga kemanusiaan dengan menggunakan metode Task Centered System Design. Metode tersebut terdiri dari empat tahap yaitu identification, requirement, design as scenario dan walkthrough evaluate. Pada tahap identification, dilakukan identifikasi pengguna dan task yang diperlukan meggunakan framework PACT, kemudian pada tahap requirement dilakukan pemilihan task yang benar-benar dibutuhkan, selanjutnya di tahap design as scenario dilakukan perancangan design berdasarkan task menggunakan aplikasi figma, dan pada tahap evaluate dilakukan evaluasi terkait alur kerja dan usability dari website yang sudah dibangun menggunakan cognitive walkthrough dan SUS. Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengujian cognitive walkthrough dapat digunakan untuk menentukan aspek-aspek learnability, effectiveness dan efficiency sebuah interface, kemudian SUS digunakan untuk menentukan usability hasil design. Berdasarkan hasil pengujian cognitive, didapatkan nilai sebesar 95% untuk learnability dan effectiveness yang memiliki predikat “sangat baik”, dan nilai rata-rata efficiency sebesar 0,100012947 goal/second dengan predikat “sangat cepat”. Kemudian pengujian SUS menghasilkan nilai SUS sebesar 83 dengan predikat acceptable.


Keywords


Antarmuka Pengguna, Pemikiran Desain, Skala Kegunaan Sistem (SUS), Tugas Desain Sistem Terpusat (TCSD)

Full Text:

PDF

References


Defriani, M., Resm, M. G., & Jaelani, I. (2021). Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Dan System Usability Scale (Sus) Pada Situs Web Stt Wastukancana. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 30-39.

Dinni, Y., & Kuswanto, V. (2022). Analysis and Design of Web-Based ELC Parents Monitoring Application Information System Using Task Centered System Design Method. JURNAL ALGOR, 96-102.

Ekasmara, A. S., & Santoso, N. (2020). Pengembangan Web Portal Landing Page E- Commerce Dengan Pola Single Page Application. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2713-2721.

Handayani, M. T. (2022, 01 11). Wireframe: 3 Elemen dan Bedanya dengan Mockup Dan Prototype! Retrieved from ekrut.com: https://www.ekrut.com/media/wireframe- adalah

Hartadi, M. G. (2020). Penerapan Warna Dalam Desain User Interface (Ui) Aplikasi Seluler Bukaloka. Denpasar, Bali, Indonesia.

Hendi, I. N. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Binaan Universitas Pembangunan Panca Budi Berbasis Web. Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi.

Indra, I. (2019, 08 04). 7+ Contoh Landing Page Menarik untuk Website Anda. Retrieved from niagahoster.co.id: https://www.niagahoster.co.id/blog/contoh-landing-page/

Kangliesky, E. T. (2021, 08 21). Pemilihan Warna Untuk Memperkaya Desain User Interface Sebuah Aplikasi. Retrieved from Binus.ac.id: https://student- activity.binus.ac.id/himsisfo/2021/08/pemilihan-warna-untuk-memperkaya-desain- user-interface-sebuah-aplikasi/

Khumairah, A. R., Sabariah, M. K., & Effendy, V. (2022). Modeling the Digital Al-Quran User Experience as Tahfidzul Quran Media using the Task-Centered System Design. Jurnal Riset Komputer, 921-929.

Maulana, M. (2020). Perancangan User Interface Repository. Proposal Tugas Akhir, 08.

Maulana, M. (2020). Perancangan User Interface Repository Menggunakan Metode Task Centered System Design (Tcsd). Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mulyawan, R. (2022, 10 19). Memahami Pengertian Wireframe: Apa itu Wireframing? Tujuan, Jenis, Elemen, Kelebihan dan Kekurangan serta Kenapa itu Penting? Retrieved from Rifqimulyan.com: https://rifqimulyawan.com/blog/pengertian- wireframe/

Priyo, R., Kusuma, W. A., & Sukoco, H. (2021). Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Pada Situs Web Perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Pustakawan Indonesia Volume 15 No. 1-2, 19-27.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Informatika Merdeka Pasuruan, 55.

Roskovec, M. (2018, 11 06). Cover your Sketch, XD, and Figma prototyping workflow in one place. Retrieved from avocode.com: https://avocode.com/blog/cover-your-sketch-xd- and-figma-prototyping-workflow-in-one-place

Setiawan, R. (2021, 08 11). Apa Itu Prototype? Kenapa Itu Penting? Retrieved from dicoding.com: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-prototype-kenapa-itu-penting/

Sholikhin, M. P., Jonemaro, E. M., & Akbar, M. A. (2018). Evaluasi User Experience pada Game Left 4 Dead 2 Menggunakan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2620.

Sidiq, A. (2018). Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia, 84.

syahid, b. (2023, mei 13). Pengertian Website – Sejarah, Jenis, Manfaat, Unsur, Tahapan, Fungsi, Para Ahli. Retrieved from gurupendidikan.co.id: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-website/




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v8i1.862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irwan Syarif, Rosihan Aminuddin, Muh Rais, Syamsumarlin Taha

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by/3.0/

View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License