EFFECT OF SERVICE QUALITY, SUPERVISION AND CONSULTATION ON TAXPAYER COMPLIANCE

Rustina Rustina, Eldi Manca, Andi Asirah

Abstract


This study aims to examine and analyze the influence of service quality, supervision and consultation on taxpayer compliance. This type of research uses explanatory quantitative research. Samples were obtained by random sampling and using accidental sampling method. Methods of collecting data through questionnaires, then the data were analyzed using multiple linear regression using SPSS. the results of this study indicate that the variable service quality does not significantly influence, while the supervision and consultation variables significantly influence the compliance of individual taxpayers.

Keywords


Service Quality; Supervision; Consultation; Compliance; Tax Payer

Full Text:

PDF

References


Ashari. (2017). Pengaruh Sunset Polycy. Tax Amnesty, Sanksi Pajak, E-Spt Dan Kinerja Account representative Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 44-50.

Boihaqi. 2015. “Pengaruh Fungsi Account Representative (AR) Terhadap Kepatuhan (Studi Pada Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)”. Jurnal. Brawijaya Malang.

Denziana. 2015. Pengaruh Peran Account Representative Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak. Jurnal Akiuntansi dan Keuangan. Vol. 6, No. 1, Hal: 1-22.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analsis Multivariasi dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universtas Diponegoro.

Kiswara. 2016. Pengaruh Penerapan E-Filing dan Peran Account Representative Terhadap Pencitraan Otoritas Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak. ISSN: 2302-8556 E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.1 April (2016): 249-377.

Menteri Keuangan, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indinesia Nomor 79/PMK.01/2015 tentang Account Representative (AR) Pada Kantor Pelayan Pajak.

Purnamasari. dkk. 2015. Kualalitas Pelayanan Petugas Tempat Pelayanan Terpadu Dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak di Wilayah KPP Pratama Surabaya Wonocolo). Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 1 No. 1 Januari 2015.

Peraturan Menteri Keuangan RI nomor 79/PMK.01/2015 tentang account representative pada Kantor Pelayanan Pajak.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 68/PMK.01/2008 adalah petugas yang berada di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang telah melaksanakan Sistem Administrasi Modern.

Mardiasmo. (2016). perpajakan edisi terbaru 2016. Yogyakarta: Andi.

Repebluk indonesia, Undang-undang Nomor Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Sari, Diana. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sovita. 2018. Pengaruh Peran Account Representative Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Satu). Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas Volume 20 No 2, Juli 2018.

Sarwoto, 2010. Dasar-Dasar Organiisasi dan Manajemen, catakan keenambelas, penerbit: Ghaliya Indonesia, Jakarta

Wahdi. 2018. Evaluasi Kinerja Account Representative pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis Vol. 2, No.2, April 2018.

Widomoko, et al. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengawasan dan Konsultasi oleh Account Representative (AR) Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada KPP Menteng Satu Jakarta Pusat). Jurnal Renaissance. Volume 2 No. 01. Mei 2017: 1




DOI: https://doi.org/10.33857/jafr.v4i1.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Editorial Office: Department of Accounting, Faculty of Economic, Patria Artha University. Jln. Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar–Gowa, South Sulawesi, Indonesia. | Tel./Fax : +62411-8225111 / +62411-8225112 | Email : jafre@patria-artha.ac.id