SOSIALISASI BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI PERAWAT KLINIS MENGENAI JENJANG KARIR DI RSUD MAKASSAR

Azwar Azwar

Abstract


Jenjang karir merupakan sistem untuk memberikan jaminan dan kepastian akan karir perawat untuk bisa mengembangkan diri. Jenjang karir di Indonesia sendiri telah diterapkan sejak tahun 2006 dengan dikeluarkannya juknis jenjang karir perawat di rumah sakit, namun hingga saat ini penerapan jenjang karir perawat di rumah sakit masih belum optimal dikarenakan ada beberapa faktor penghambat seperti tidak siapnya perawat dalam mengikuti sistem jenjang karir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi berbasis audio visual terhadap motivasi perawat klinis mengenai jenjang karir. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain One Grup Pre-test – Post-test. Penelitian ini dilaksanakan pada 03 – 22 Oktober 2018 di RSUD Haji Makassar. Teknik pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling, dengan sampel sebanyak 53 orang dari 291 populasi.
Hasil penelitian menunjukkan 37 (69.8%) responden dari 53 perawat memiliki motivasi rendah sebelum diberikan sosialisasi dan setelah sosialisasi diberikan terdapat 53 responden (100%) yang mempunyai motivasi tinggi. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test setelah diberikan sosialisasi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan, nilai p value yang didapatkan pada penelitian adalah 0.001.
Kesimpulan bahwa sosialisasi berbasis audio visual berpengaruh terhadap motivasi perawat mengenai jenjang karir di RSUD Haji Makassar dimana media audio visual terbukti dapat meningkatkan motivasi karena adanya hal yang baru bagi perawat dari media tersebut dan kepada RSUD Haji Makassar agar dapat menggunakan media audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi perawat.

Keywords


Jenjang Karir,Motivasi Perawat,Audio Visual

Full Text:

Paper

References


Arianti. Efektifitas Edukasi Video Animasi Mobilisasi Dini Dengan. Jurnal Keperawatan Resapti Yogyakarta , 14-18. 2018

Angeria. (2017). Hubungan supervisi dengan pelaksanaan asuhan keperawatan di ruang rawat inap lantai 10. Jurnal jumantik Vol. 3 No.3 , 78-97.

Depkes.. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2017

Habibie. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan di pt. Askes regional vi jawa tengah dan d.i.y bagian sumber daya manusia dan umum semarang. Jurnal Unnes , 23-47.

Hariyati, T. S.. Pengembangan dan Utilasi Tenaga Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers. 2014

Kambuaya. (2016). Hubungan tingkat pendidikan dan lamanya kerja dengan kinerja perawat di rumah sakit umum kabupaten sorong. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 4 Nomor 1 , 23-32.

Kaptri, R. E.. Efektifitas Audio Visual Sebagai Media Penyuluhan Kesehatan Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dalam Tatalaksana Balita dengan Diare Di Dua Rumah Sakit di Kota Malang.

Tesis .Jakarta : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia,2010

Kornela, F. Pengembangan Model Jenjang Karir Perawat Klinis di Unit Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya , 58-62. 2014

setyaningsing. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang S1 Keperawatan Di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Fikkes Jurnal Keperawatan , 1-20.

Saparwati, M., & Multinik. Persepsi Perawat Tentang Jenjang Karir Di RSUD Tugurejo. Jurnal Smart Keperawatan STIKes Karya Husada Semarang , 30. 2017

Upoyo, A. S. (2016). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Mahasiswa Profesi Ners Jurusan Keperawatan Unsoed Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 6, No.2, , 81-87.

WHO. World Health Statistics. World Health Organization 2018




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v4i1.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.