PENGARUH RESPONSE TIME TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PELAYANAN INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSKD IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR

Hadzmawaty Hamzah, Ulfah Mahfudah, Liliskarlina Liliskarlina, Hilyatul Mufidah

Abstract


Pendahuluan : Response time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien dihitung sejak pasien datang sampai dilakukan penanganan. Fenomena yang sering terjadi di IGD terkait response time adalah kecemasan pasien tentang penanganan gawat darurat. Salah satu indikator mutu pelayanan berupa response time atau waktu tanggap yang merupakan indikator proses untuk mencapai indikator hasil, yaitu kelangsungan hidup. Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh response time terhadap kepuasan pasien di pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar.
Metode penelitian : Penelitian ini adalah penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Besar sampel 104 responden yang berada di IGD. Penelitian ini menggunakan metode uji statistik yaitu uji t dengan kemaknaan 0,05. Hasil Penelitian ada pengaruh yang bermakna (signifikan) antara response time perawat dengan kepuasan pada pasien, diperoleh nilai thitung -1,914 < ttabel 1,659 dengan nilai ρ 0,000 < α 0,05.

Keywords


Instalasi Gawat Darurat, Kepuasan Pasien, Response time

Full Text:

Paper

References


Haryatun N & Sudaryanto A. Perbedaan waktu tanggap tindakan keperawatan pasien cedera kepala kategori I-V di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Moewardi. Berita Ilmu Keperawatan. 2008:69-74

Kepmenkes RI No. 856. Standar IGD Rumah Sakit. Menteri Kesehatan. Jakarta; 2017.

Hoiroh. Hubungan Respon Time dengan Kepuasan Pasien Di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik. Gresik: Repository Stikes BHM; 2015.

Hendrik. Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC; 2016.

Muninjaya. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC; 2018

Depkes RI. Sistem Penanggulagan Gawat Darurat (SPGD). Jakarta : Departmen Kesehatan; 2017

Notoadmojo, Soekidjo. Metode Peelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rhineka Cipta; 2017

Suhartati, et al. Standar Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Di Rumah Sakit. Jakarta : Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan dan Keteknisan Medik Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI; 2016

Eko Widodo. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2015

Boswick. Perawatan Gawat Darurat (Emergencu Care). Jakarta: EGC; 2015




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v4i1.347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.