FAKTOR PENGARUH HASIL BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN INTRANATAL CARE (INC) PADA MAHASISWA PRODI KEBIDANAN UNIVERSITAS PATRIA ARTHA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar asuhan Intranatal care (INC) pada Mahasiswa Prodi Kebidanan Universitas Patria Artha; (2) Hasi belajar Asuhan Intranatal Care (INC) dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Prodi Kebidanan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Mei 2023. Metode penelitian menggunakan analitik dengan pendekatan explanatory research. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri mahasiswa dengan hasil evaluasi belajar Asuhan Intranatal Care (INC), F=14,750, dan p=0,000. Hubungan kedua metode pembelajaran simulasi dan belajar mandiri dengan hasil evaluasi belajar Asuhan Intranatal Care (INC) sebesar 0,796 (kuat).
Keywords
Full Text:
Full PaperReferences
Anitah, Sri, W. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. 2007. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Cetakan Kedua, Jakarta : Bumi Aksara.
Depkes RI. 2017. Buku Acuan Asuhan Persalinan Normal, Edisi Baru dengan Resusitasi, Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Depkes RI. 2018. Kurikulum Nasional Pendidikan Diploma III Kebidanan, Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Cetakan Ketiga, Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan Kedelapan. Edisi 1. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara. ________, 201
Hamzah B. Uno, 2007. Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Transmedia Pustaka.
Hidayat, A.A.A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data, Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Medika
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta didik. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Martinis, 2011. Paradigma Baru Pembelajaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Gaung Persada.
Putriningrum, R. 2012. Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi D-III Kebidanan Kusuma Husada Surakarta
Rambang, R. 2013. Metode Mengajar Simulasi. www.rennynataliaa. blogspot.com.
Rismanto, H. 2012. Metode Pembelajaran Model Simulasi. www.tuanguru.com/ 2012/05/metode-pembelajaranmodel-simulasi.html, diakses tanggal 25 Mei 2023.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana
Slameto, 2010. Belajar dan Faktorfaktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N., 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Zulharman. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mandiri, Jakarta : Bumi Aksara.
Zuraida, T. 2010. Hubungan Metode Pembelajaran Simulasi dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan II di Akademi Kebidanan Sehat Medan.
DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v7i2.747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.