Penguatan Kompetensi Guru Dalam Bidang Teknologi Informasi Di Madrasah Aliyah YAPPI Bulukumba
Nurmiati Irvan, Suhendra Suhendra, Irwan Syarif, Asnefi Asnefi, Ilham Ilham
Abstract
Pandemic covid-19 berdampak pada seluruh sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan dimana dengan adanya pendemi ini mengharuskan sektor pendidikan melakukan sebuah transformasi dalam hal pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain masih lemahnya kompetensi guru dalam penggunaan media teknologi informasi untuk menunjang pembelajaran online di Madrasah Aliyah Yappi Bulukumba sehingga para guru merasa kesulitan dalam penyajian materi pembelajaran secara online, keterbatasan jaringan internet dan kuota yang terbatas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menjadi sarana transfer knowledge kepada para guru serta untuk membantu pihak Madrasah Aliyah Yappi Bulukumba dalam pengelolaan pembelajaran online selama pandemi COVID 19 dengan efektif dan efisien. Penguatan kompetensi guru dalam bidang teknologi informasi ini sesungguhnya dimaksudkan untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat terhadap siswa. Adapun bentuk kegiatan ini adalah berupa kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi zoom dengan tahapan sebagai berikut; pengurusan adminitrasi, pendaftaran peserta, pelaksanaan pelatihan dan simulasi pelatihan yang disertai dengan penugasan. Tingkat partisipasi dari mitra yaitu para guru Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba sangat positif dalam mendukung kegiatan pengabdian kepada masyarakat mulai dari persiapan kegiatan hingga pelaksanaan kegiatan termasuk dalam penyediaan peserta pelatihan. Pelaksanaan pelatihan menghasilkan luaran-luaran yang diharapkan yaitu meningkatnya pengetahuan tentang penggunaan aplikasi zoom bahkan mereka antusias untuk belajar tentang aplikasi lain yang dapat digunakan untuk pembelajaran
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi Guru Dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Numiek, Sulistyo., Hanum. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(10).
Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Zainul, Abidin. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Editorial Office Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id