Literasi Digital pada Remaja
Abstract
Perkembangan internet telah mendorong penggunaan teknologi yang berlebihan di kalangan remaja. Internet saat ini dianggap sebagai pedang bermata dua, yang dapat memberika efek positif namun juga dapat berdampat buruk pada remaja. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan dan keterampilan bagaimana memanfaat internet denga benar. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan pemahaman kepada remaja mengenai literasi digital dan pemahaman serta keterampilan memanfaatkan dunia digital secara bijaksana. Kegiatan penyuluhan ini dilakukan pada SMA Bontoramba Jeneponto dengan sasaran pengurus OSIS di sekolah tersebut. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta merupakan pengguna aktif media sosial. Semua peserta belum mengetahui cara mendeteksi informasi yang tersebar di internet apakah hoaks atau bukan. Selain itu, peserta juga belum mengetahui sumber-sumber valid yang dapat digunakan dalam mencari informasi. Hasil kegiatan ini diharapkan bahwa informasi dan keterampilan yang diberikan dalam penyuluhan ini dapat disebarkan oleh peserta kepada remaja yang lainnya baik di ingkungan sekolah maupaun di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing
Keywords
Full Text:
7 - 11References
Aryuni, I., Jabar, S., & Ode, L. W. (2016). Media Sosial, Informasi Dan Rasionalitas (Analisis konseptual dan perspektif modernisme kontra perspektif postmodernisme). Jurnal Penelitian Ilmu Komunikasi, 87–98.
Bassiouni, D. H., & Hackley, C. (2014). ’Generation Z’children’s adaptation to digital consumer culture: A critical literature review. Journal of Customer Behaviour, 13(2), 113–133.
Hadi, M. I., Kumalasari, M. L. F., & Kusumawati, E. (2019). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting di Indonesia: Studi Literatur. Journal of Health Science and Prevention, 3(2), 86–93.
Palupi, M. F. T., & Norhabiba, F. (2021). Edukasi Literasi Digital pada Remaja dalam Menangkal Cyberbullying. Jurnal Abdidas, 2(4), 1014–1020.
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik, 6(1), 11–24.
Rianto, P. (2016). Media baru, visi khalayak aktif dan urgensi literasi media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96.
Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan literasi digital di kalangan usia muda di kota bandung. Pedagogia, 16(2), 146–156.
Sumiati, S., & Is, S. S. (2017). Dampak Ilmu Pengetahuan Teknologi Terhadap Iman Dan Takwa Mahasiswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(02), 111–120.
DOI: https://doi.org/10.33857/pajoco.v4i1.845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 M. Akbar Alwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office
Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.