FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK XIAOMI DI MAKASSAR

MUH. DAUD, MURBAYANI MURBAYANI

Abstract


This study aims to determine the factors that influence purchasing decisions (Y), including: (X1) product quality, (X2) price, (X3) promotion and (X4) environmental. This study uses data collection methods by distributing questionnaires to 100 consumers of Xiaomi smartphone users in Makassar. Partial test results in this study indicate that: (X1) product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, (X2) price has a positive and significant effect on purchasing decisions, (X3) promotion has a negative and insignificant effect on purchasing decisions, (X4 ) environmental has a negative and not significant effect on purchasing decisions. Whereas the simultaneous
test results, product quality, price, promotion and nvironmental together have a significant influence on purchasing decisions. On product quality and price so that the
company can maintain it in order to attract even more consumers.

Full Text:

PDF

References


Barakati, Dijey Pratiwi, 2013,Dampak Penggunaan

Smartphone Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,

ejournal Unsrat (Jurnal Elektronik) Vol 1. No, 1,

Universitas Sam Ratulangi,Manado.

Fahmi, I., 2016, Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi, CetakanKesatu, Bandung: Alfabeta.

Goenadhi, Lidia, 2011, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota

Avanza di Kota Banjarmasin, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol.12 No.2, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Indonesia, Banjarmasin.

Herlambang S., 2014, Basic Marketing, Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran, Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hurriyanti, R., 2015, Bauran Pemasaran dan Loyalitas

Konsumen, Cetakan Keempat, Bandung : Alfabeta.

Jocom, Nekie, 2013, Peran Smartphone Dalam Menunjang

Kinerja Karyawan Bank Prismadana (Studi Pada Karyawan Bank Prismadana Cabang Airmadidi) Jurnal Acta Diurna, Vol.1 Hal.1,Minahasa Utara.

Kotler, P., and G., Amstrong. 2012. Principles of Marketing. New Jersey:Pearson Education Limited

Lenzun, Jessica J., James D., D.,Massie dan Decky A., 2014.

Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan KartuPrabayar Telkomsel, Jurnal

EMBA Vol.2 No.3, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Lupiyoadi, Rambat, 2013.Manajemen Pemasaran Jasa,

Jakarta: Salemba Empat.

Mardiono, 2018, Pengaruh GayaHidup, Lingkungan Sosial dan

Budaya Terhadap KeputusanPembelian di Pasar Modern(Studi Kasus Pada MahasiswaIAIN Purwokerto, Skripsi,Institut Agama Islam NegeriPurwokerto.

Marhadi, L., Sulistyowati, dan A.,Nursanti, 2014, Analisis

Pengaruh Kreativitas Iklan,Daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Endorser TerhadapBrand Attitude Pada Produk Handphone Android di Kota Pekanbaru, Jurnal Ekonomi, Vol.22 No.1, Kampus Bina Widya, Pekanbaru.

Morrisan, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran

Terpadu, Jakarta :Prenadamedia Group.

Priangani, A., 2013, Memperkuat manajemen pemasaran dalam konteks persaingan global, Jurnal Kebangsaan, Vol.2 No.4Juli 2013, UNPAS Bandung.

Selang A.D., Christian, 2013,Bauran Pemasaran (Marketing

Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado, Jurnal EMBA, Vol.1No.3, Universitas SamRatulangi, Manado.

Seluler.ID, 2018, IDC: Top 5 VendorSmartphone di Indonesia Q22018, Jakarta

Sukotjo, Hendri dan Radix ASumanto, 2010, Analisa Marketing Mix-7P (Produk,Price, Promotion, Place,Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian ProdukKlinik Kecantikan Teta di Surabaya, Jurnal Mitra Ekonomi dan ManajemenBisnis, Vol.1, No.2, Universitas17 Aggustus 1945, Surabaya.

Sulistyawati, Praba, 2011, Analisis Pengaruh Citra Merek dan

Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang, Undergraduate Thesis, Semarang : UniversitasDiponegoro.46

Utami, Puspa Arum, 2016, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Indomaret

Kopma, Skripsi, Universitas Negri Yogyakarta.

Vanessa, Ike dan Arifin, Zainul, 2017, Pengaruh Citra Merek

(Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati) Jurnal Administrasi Bisnis

(JAB) Vol.51, No.1, Universitas Brawijaya,Malang.

Weenas, Jackson R.S., 2013,Kualitas Produk, Harga,Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan

Pembelian Spring Bed Comforta, Jurnal EMBA Vol.1No.4, Universitas SamRatulangi, Manado.

Wicaksono A.,W., 2017, Analisis Pengaruh Kualitas Produk,

Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian

Handphone Merek Xiaomi di Surakarta, Skripsi Thesis,

Universitas Muhammadiyah,Surakarta.

Winardi. 2010. Kepemimpinan danManajemen. Jakarta : PT

Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33857/pamj.v4i1.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

Editorial office :

Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Telepon : 0411-8225111, 8225112, 8225113 | Email : upa@patria-artha.ac.id