TEXT MINING UNTUK KLASIFIKASI EMOSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL DEGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Ayu Hasnining, Hazriani Hazriani, Yuyun Yuyun

Abstract


Penelitian ini mengintegrasikan metode data mining. Metode Naïve Bayes digunakan untuk klasifikasi kelas emosi pada media sosial twitter. Algoritma Naive Bayes merupakan klasifikasi menggunakan metode probabilitas dan statistic. Latar belakang penlitian ini, dilihat dari situasi para pengguna media sosial saat ini, lebih banyak meluapkan emosi yang mereka rasakan pada unggahan status media sosial. Dengan mengungkapkan kata-kata yang frontal. Hal ini harus menjadi perhatian khusus oleh pihak tertentu. Pada penilitian yang dilaksanakan penulis, diharapkan mampu mengetahui emosi pada pengguna media sosial twitter dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Penulis mengumpulkan 5000 data status, yang kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu 4000 data status menjadi data training, dan 1000 data status menjadi data testing. Pada 4000 data training diolah oleh sistem dengan menggunakan metode Naïve Bayes sehingga menghasilkan penentuan kelas emosi netral 78.0%, takut 1.0%, marah 2.0%, jijik 2.0%, sedih 5.0%, bahagia 8.0%, takjub 2.0%, buruk 2.0%. Selanjutnya pada 1000 data testing dilakukan dua kali pemprosesan. Yang pertama, diolah oleh sistem dengan menggunakan metode Naïve Bayes dan menghasilkan penetuan kelas emosi netral 78.0%, takut 1.0%, marah 2.0%, jijik 1.0%, sedih 4.0%, bahagia 8.0%, takjub 2.0%, buruk 4.0%. Dan yang kedua, di analisis oleh penulis dan rekan penulis merupakn Lulusan jurusan psikolog dan bahasa Indonesia dan menghasil kelas emosi bahagia 28.4%, Sedih 19.4%, netral  16.9%, Buruk 12.3%, marah 9.8%, jijik 6.8%, takjub 3.1% dan takut 3.0%. Sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa penetuan kelas emosi dengan menggunakan Naïve Bayes, kelas emosi netral lebih tinngi presentasinya, sedangkan dengan analisis manual kelas emosi bahagia lebih tinggi presentasinya.

Keywords


Naïve Bayes, Emosi, Media Sosial, Status Media Sosial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

teknologi internet, “12 pengaruh teknologi manusia terhadap perilaku manusia”, 2019 [online] available: https://dosenpsikologi.com/pengaruh-teknologi-terhadap-perilaku-manusia , diakses pada 03 januri 2020

Surati, Ichwani Siti Utami, 2018, “Pengaruh presepsi pesrta didik mengenai media sosial terhadap sikap toleransi”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn Vol. 5 no.1 Maret 2018, diakses pada 14 Desember 2019

Media Sosial, “Hampir Setengah Penduduk Bumi Sudah Melek Media Sosial”, 2019, [online], available: https://tekno.kompas.com/read/2019/07/20/16370017/hampir-setengah-penduduk-bumi-sudah-melek-media-sosial , diakses pada tanggal 09 januari 2020

hootsuite sosial media, “WhatsApp is the World’s Favorite Social Platform (And Other Facts)”, 2021, [online] available: https://blog.hootsuite.com/simon-kemp-social-media/ diakses pada tanggal 01 Juli 2021

W. Purbo, Onno, 2019, “Text Mining Analisis MedSos, Kekuatan Brand, & Intelejen di Internet”, Jakarta, Andi

Teori TF/IDF, “Landasan Teori”, 2021, [online] Available: http://e-journal.uajy.ac.id/10907/4/3TF07164.pdf , diakses pada tanggal 12 November 2021

Naïve Bayes, “Algoritma Naïve Bayes”, 2021, [onlie] Available:

https://informatikalogi.com/algoritma-naive-bayes/, diakses pada tanggal 08 Oktober 2021

Emosi, “Pengertian, karakteristik, bentuk dan proses emosi”, 2019, [online] available: https://www.kajianpustaka.com/2019/10/pengertian-karakteristik-bentuk-dan-proses-emosi.html , diakses pada tanggal 09 januari 2020

Feeling wheel emotions, 2017, [online], available:https://www.simplemost.com/feeling-wheel-will-help-better-describe-emotions/amp/ , diakses pada tanggal 30 mei 2020

Takut, 2021, [online], available” https://id.wikipedia.org/wiki/Ketakutan , diakses pada tanggal 18 september 2021

Marah, 2021, [online], available” https://id.wikipedia.org/wiki/Kemarahan , diakses pada tanggal 18 september 2021

Jijik, 2021, [online], available” https://id.wikipedia.org/wiki/Kejijikan , diakses pada tanggal 18 september 2021

Sedih, 2021, [online], available” https://id.wikipedia.org/wiki/Kesedihan, diakses pada tanggal 18 september 2021

Bahagia, 2021, [online], available” https://id.wikipedia.org/wiki/Kebahagiaan , diakses pada tanggal 18 september 2021

Takjub, 2020, [online], available” https://kbbi.web.id/takjub, diakses pada tanggal 18 september 2021

Buruk, 2020, [online], available” https://kbbi.web.id/buruk , diakses pada tanggal 18 september 2021

Media Sosial, “Media Sosial”, 2019, [online],Available:https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial , diakses pada tanggal 6 januari 2020

Confusion Matrix, “Confusion Matrix untuk Evaluasi Model pada Supervised Learning”, 2019, [onlie], Available: https://ksnugroho.medium.com/confusion-matrix-untuk-evaluasi-model-pada-unsupervised-machine-learning-bc4b1ae9ae3f , diakses pada tanggal 08 Oktober 2021

Rumus TF/IDF, “Algoritma TF/IDF”,2019,[online],available: https://dltsierra.medium.com/algoritma-tf-idf-633e17d10a80 , diakses pada tanggal 12 November 2021




DOI: https://doi.org/10.33857/patj.v7i1.671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats



Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office
 Department of Electrical Engineering :
Jl. Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Email : pa.techjournal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License