Pengaruh Faktor Religiusitas terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Makassar

Nurdiansyah Nurdiansyah, Fachriyahthul Jannah, Ina Yulianadewi

Abstract


The Influence of Religiosity Factors on Customers' Decisions to Save at PT. Bank BNI Syariah Branch Makassar. The purpose of this study was to analyze the effect of religiosity on the decision to save at PT. Bank BNI Syariah Branch Makassar. The analytical method used in this research is descriptive quantitative and the analysis using simple regression and use an SPSS application assistance. The results of the analysis, that the religiosity factor has a positive and significant effect on the decision to save at PT. Bank BNI Syariah Branch Makassar.

Keywords


Religiosity; Saving Decision.

Full Text:

PDF

References


Adriani, Ayu, 2015. Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Santri Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Falah Mojo Kediri), Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri.

Agus, B, 2006. Agama Dalam Kehidupan Manusia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ananggadipa, A, Andisa Rahmi M, dan Eka Agustianingsih, 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih Menabung Pada Bank Syariah, JurnalProceeding PESAT (Psikologi, konomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil), Vol.5 ISSN: 18582559.

Anwar, Abu Bakar, 2009. Al Muyassar Al-Qur’an Terjemahan, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Fauzi, yayan, 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menabung di Perbankan Syariah (Kasus Pada Bank BNI Syariah Cabang Yogyakarta), Skripsi,Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hamid, Riska, 2013. Pengaruh Pembiayaan Chanelling Murabahah Terhadap Peningkatan Profit Margin Pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Makassar, Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Nitro Makassar.

Hakim, Atang. A dan Mubarok, 2004. Metodologi Studi Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Jalaluddin, 2005. Psikologi Agama, Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajad dan suhardjono. 2002, Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Laili, Moh. Khafid, 2013. Pengaruh Faktor Agama Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) di BTN (Bank Tabungan Negara) Syari’ah Cabang Semarang, Jurnal Ilmiah, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Lestari, Mulikhah Alfi, 2015. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Masruroh, Atik, 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Rreligiusitas dan Disposible Income Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah (Studi Kasus Mahasiswa STAIN Salatiga), Skripsi,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Muchlis, Mustakim, 2013. Faktor Faktor yang Memengaruhi Nasabah Dalam Memilih Bank (Bank Syariah vs Konvensional), Jurnal Assets, Volume 3 No.1 Tahun 2013.

Muhammad, 2014. Manajemen Dana Bank Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.

Nashori, Fuad dan Mucharam, Rachmy, D, 2002. Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus.

Sartika, Dewi.,et.al, 2011. Hubungan antara Religius Commitmentdengan Keputusan Menggunakan Jasa Bank Syariah Pada Dosen Unisba, Jurnal, Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, vol ISSN 20889-3590.

Setiadi, Nugroho,J, 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.33857/pamj.v7i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

Editorial office :

Tun Abdul Razak, Paccinongang, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 90235 | Telepon : 0411-8225111, 8225112, 8225113 | Email : upa@patria-artha.ac.id