PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT DAN KETERSEDIAAN SARANA PENDIDIKAN TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA MENGENAI IFRS

Irmah Halimah Bachtiar, Novita Esma

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, minat dan ketersediaan sarana pendidikan terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi mengenai IFRS. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif bersifat ekplanatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 54 mahasiswa akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi mengenai IFRS, sedangkan minat dan ketersediaan sarana pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa akuntansi mengenai IFRS.


Keywords


Kecerdasan emosional; minat; sarana pendidikan; IFRS

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Wahyudi. (2015). “Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman International Financial Reporting Standar (IFRS) Pada Mahasiswa Akuntansi UIN Alauddin Makassar”. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri Makassar.

Christiani, Yuningsih Nita. (2015). Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap International Financial Reporting Standar (IFRS) (Studi Pada Perguruan Tinggi Swasta Dikota Kupang). Tesis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Diana Nugraheni. (2012). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman IFRS”. Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Semarang.

Eka Lestari. (2017). Analisis Kesiapan Dosen dan Mahasiswa Jurusan/prodi Akuntansi Syariah Febi IAN Surakarta Dalam Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Konvergensi International Financial Reporting Standar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Surakarta.

Jogiyanto. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. BPFE: Yogyakarta.

Kurniawan. (2012). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap IFRS (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro dan Universitas Khatolik Soegijapranata Semarang). Jurnal. Fakultas Ekonomi. Universitas Dian Nuswantoro.

Mulyasa. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Purnami, Rizki Yuli. (2013). “Pengaruh Pembelajaran Akuntasi Berbasis IFRS dan self-Efficacy Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal. Fakultas Ekonomi.

Rachmi, F. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiitual, danPrilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.

Rokhana, Linda Atika. (2016). “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen Volume 31 No.1.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta.

Utami, Nadhia Riesthi Putri. (2012). Pengaruh Status Perguruan Tinggi Status Mahasiswa Kecerdasan Emosional dan Resepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Terhadap Pemahaman IFRS Pada Mahasiswa Akuntansi dikota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

Widaningrum, Nieke H. (2010). Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman IFRS Dengan Minat Sebagai Variabel Moderating. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Jenderal Soedirman.




DOI: https://doi.org/10.33857/jafr.v3i1.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Editorial Office: Department of Accounting, Faculty of Economic, Patria Artha University. Jln. Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar–Gowa, South Sulawesi, Indonesia. | Tel./Fax : +62411-8225111 / +62411-8225112 | Email : jafre@patria-artha.ac.id