Pelatihan Simulasi Rangkaian Listrik Bagi Siswa SMK Negeri 2 Ternate Menggunakan Software Proteus

Mochammad Apriyadi Hadi Sirad, Rifai Musra

Abstract


SMK Negeri 2 Ternate merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di bidang Teknik yang terletak di Kota Ternate. SMK Negeri 2 Ternate mempunyai tujuan menghasilkan tamatan professional yang dapat mengisi kebutuhan tenaga menengah yang beriman, terampil, handal, berani berwiraswasta serta dapat berkembang sesuai dengan kemajuan IPTEK. Guru yang berkompeten di bidangnya dan fasilitas media pembelajaran yang memadai sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar. Pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama dalam keseluruhan proses belajar. Keberhasilan pembelajaran akan tercapai disaat proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, sehingga pada akhirnya kompetensi siswa dapat terpenuhi. Software simulasi  elektronik  yang dipakai  untuk  media  pembelajaran sudah  banyak  beredar  dan  dapat  dengan  mudah  kita download dari internet, salah satunya  adalah software simulasi  proteus. Software simulasi  elektronik proteus merupakan salah satu  media pembelajaran yang mempunyai  peranan penting   dalam   mensimulasikan   suatu   rangkaian   elektronik.   Siswa   bisa mencoba  membuat  suatu  rangkaian  dan  kemudian  mencobanya  tanpa  harus membuat  rangkaian  sesungguhnya.  Siswa  akan  banyak  mengetahui  simbol-simbol   elektronik,   sehingga   pengetahuan   akan   meningkat.   Siswa   dapat bereksperimen  dan  mengeksplorasi  ilmu  yang  telah  diberikan  oleh  guru dengan  membuat  rangkaian-rangkaian  baru  tanpa  takut  rangkaian  rusak  atau terbakar.   Siswa   dapat   merealisasikan   dengan   membuat   rangkaian   yang sebenarnya setelah rangkaian yang disimulasikan sudah bekerja dengan baik.Penggunaan software proteus yang didukung para pengajar yang professional diharapkan  siswa  akan  lebih  tertarik  dalam  belajar  tentang  komponen  dan rangkaian elektronika sehingga termotivasi untuk lebih tahu dan berprestasi.


Full Text:

1 - 4

References


Ariska, Melly. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2 No. 2 Tahun 2015.

Basadur, M, & Gelade, G. (2014). Creative problem-solving process styles, cognitive work demands, and organizational adaptability. The Journal Of Applied Behavioral Science, 50 (1), 80-115. Doi.10.1177/0021886313508433.

Cholis nur, andy noortjahja. (2013). Pembelajaran rangkaian listrik berbasis software proteus sebagai media pembelajaran di man gresik 1. Journal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 157-161.




DOI: https://doi.org/10.33857/pajoco.v1i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



View My Stats

Editorial Office 
Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.