Pelatihan Simulasi Rangkaian Listrik Bagi Siswa SMK Negeri 2 Ternate Menggunakan Software Proteus
Abstract
SMK Negeri 2 Ternate merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di bidang Teknik yang terletak di Kota Ternate. SMK Negeri 2 Ternate mempunyai tujuan menghasilkan tamatan professional yang dapat mengisi kebutuhan tenaga menengah yang beriman, terampil, handal, berani berwiraswasta serta dapat berkembang sesuai dengan kemajuan IPTEK. Guru yang berkompeten di bidangnya dan fasilitas media pembelajaran yang memadai sangat diperlukan untuk menunjang proses belajar mengajar. Pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama dalam keseluruhan proses belajar. Keberhasilan pembelajaran akan tercapai disaat proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, sehingga pada akhirnya kompetensi siswa dapat terpenuhi. Software simulasi elektronik yang dipakai untuk media pembelajaran sudah banyak beredar dan dapat dengan mudah kita download dari internet, salah satunya adalah software simulasi proteus. Software simulasi elektronik proteus merupakan salah satu media pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam mensimulasikan suatu rangkaian elektronik. Siswa bisa mencoba membuat suatu rangkaian dan kemudian mencobanya tanpa harus membuat rangkaian sesungguhnya. Siswa akan banyak mengetahui simbol-simbol elektronik, sehingga pengetahuan akan meningkat. Siswa dapat bereksperimen dan mengeksplorasi ilmu yang telah diberikan oleh guru dengan membuat rangkaian-rangkaian baru tanpa takut rangkaian rusak atau terbakar. Siswa dapat merealisasikan dengan membuat rangkaian yang sebenarnya setelah rangkaian yang disimulasikan sudah bekerja dengan baik.Penggunaan software proteus yang didukung para pengajar yang professional diharapkan siswa akan lebih tertarik dalam belajar tentang komponen dan rangkaian elektronika sehingga termotivasi untuk lebih tahu dan berprestasi.
Full Text:
1 - 4References
Ariska, Melly. (2015). Studi pemahaman konsep siswa pada sub konsep rangkaian listrik arus searah di kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Vol. 2 No. 2 Tahun 2015.
Basadur, M, & Gelade, G. (2014). Creative problem-solving process styles, cognitive work demands, and organizational adaptability. The Journal Of Applied Behavioral Science, 50 (1), 80-115. Doi.10.1177/0021886313508433.
Cholis nur, andy noortjahja. (2013). Pembelajaran rangkaian listrik berbasis software proteus sebagai media pembelajaran di man gresik 1. Journal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 157-161.
DOI: https://doi.org/10.33857/pajoco.v1i1.384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
View My Stats
Editorial Office
Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.