Workshop Videography Dan Photography Bagi Para Pegiat Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Di Kepulauan Kayoa, Halmahera

Sandi Rais, Kifli Umar, Syamsul Bahri LM, Kadri Daud, Kadri Daud

Abstract


Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menambah pengetahuan serta meningkatkan soft skill generasi muda dalam bidang videografi dan fotografi, menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ahli di bidang digital dan menciptakan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan produktif untuk mempromosikan keindahan alam di Pulau Kayoa sebagai bentuk promosi pariwisata. Tahapan Pelaksanaan dilakukan dalam 2 tahap yaitu ; Pelaksanaan Sosialisasi dan Pelatihan yang dilaksanakan pada pagi sampai siang hari di SMK Modayama yang di hadiri oleh kurang lebih 30 Siswa dan pelaksanaan pembukaan dan ceremony yang di hadii oleh Kepala Desa Modayama dan Sekretaris Desa Modaya serta para masyarakat di Desa Modayama dilaksanakan pada malam hari pada tanggal 29 Juli 2023. Kegiatan pelatihan dilakukan secara bersamaa yang di hadiri oleh 30 orang pemuda Desa Modayama. Beberapa materi pelatihan yang dilakukan antara lain; Teknik pengambilan gambar (Foto) menggunakan SmartPhone, teknik pengambilan video menggunakan Smarphone, teknik Editing Photo Menggunakan Lightroom Mobile dan SnapSheet dan teknik editing video menggunakan VN dan CAPCUT.

Kata kunci: Parwisata, Photography, Video Graphy, Workshop


Full Text:

42 - 47

References


Gita Atiko, Ratih Hasanah Sudrajat, Kharisma NasionalitaAnalisis Strategi Promosi Pariwisata melalui Media Sosial oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif pada Akun Instagram @Indtravel) Analysis Tourism Promotion Strategy Through Social Media By Tourism Ministry Of Republic Indonesia (Descriptive Study), Jurnal Sosipteknologi, 2016, DOI: 10.5614/sostek.2016.15.3.6

Agus Pranomo, Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018, Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pariwisata Di Kabupaten Karanganyar (Studi Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Explorekabkaranganyar)

Sosial Media Untuk Promosi Wisata, Bagaimana? (Penjelasan) https://eticon.co.id/sosial-media-untuk-promosi-wisata/, online akses, 5 Januari 2023

Hadi Mahmudi, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Pariwisata dan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kawasan Air Terjun Benang Stokel Dusun Pemotoh Desa Aik Beriq Batukliang Lombok Tengah, Jurnal Ekobisnis, Vol 8 No 1 (2022): Ekonobis, Maret 2022

Dampak pandemi COVID-19 terhadap pariwisata, Wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Dampak_pandemi_COVID-19_terhadap_pariwisata

Rony Ika Setiawan, Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 1 No. 1 (2016) hlm. 23-35

Setneg. (2007). Strategi dan kebijakan pembangunan kebudayaan dan pariwisata. Diperoleh dari www.setneg.go.id. Spillane, James. Pariwisata Indonesia, siasat ekonomi dan rekayasa kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.33857/pajoco.v3i2.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Patria Artha Journal of Community (PKM)



View My Stats

Editorial Office 
Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.