HEALTH LITERACY DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF EFFICACY PADA MAHASISWA

Yanti Nuryanti Thahir, Anti Anti Surmayanti, A Saputri Mulyana, Indar Indar Gairi, Vany Nur Rahmadani

Abstract


Tujuan:untuk mengetahui makna pengalaman mahasiswa keperawatan tentang health literacy dan bagaimana pengaruhnya terhadap self efficacy dalam menjalankan pendidikan keperawatan. Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tiga fase, yaitu fase orientasi, fase kerja, dan fase terminasi. Partisipan merupakan sumber data dalam penelitian ini, yang dipilih berdasarkan pada redundancy dan saturasi data, yaitusejumlah 4 orang. Teknik pemilihan partisipan pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria: mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan sarjana (S1) Ilmu Keperawatan; memiliki kemampuan kognitif yang baik; bersedia menjadi partisipan.Hasil:4 (empat) tema tentang pengalaman mahasiswa keperawatan tentang health literacy dan bagaimana pengaruhnya terhadap self efficacy dalam menjalankan pendidikan keperawatan, yaitu: (1) Lebih suka mencari referensi kesehatan melalui internet dibanding dari buku; (2) Meningkatkan minat baca melalui organisasi, diskusi, motivasi dari dosen, serta metode ajar dan cara dosen mengevaluasi mahasiswa di kelas; (3) Senang belajar jika cara mengajar dosen menarik dan diselingi praktik; (4) Alasan mahasiswa keperawatan harus sering membaca buku.Implikasi penelitian: Studi ini akan menjadi landasan dalam mengembangkan penelitian selanjutnya dalam menilai seberapa besar pengaruh health literacy terhadap self efficacy mahasiswa perawat. Rekomendasi:manuskrip dan modul health literacy in nursing educationdiharapkanakan menjadi acuan bagi akademisi keperawatan dalam mengintegrasikan health literacy dalam kurikulum pendidikan keperawatan.

Keywords


health literacy; mahasiswa; perawat; self efficacy

Full Text:

Paper

References


Afiyanti, Y., & Rachmawati, I., N. (2014). Metodologi penelitian kualitatif dalam riset keperawatan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Agustiani, H., Cayad, S., &Musa, M. (2016). Self efficacy and self regulated learning as predictor of student academic performance, The Open Physicologi Journal, 9, 1-6.DOI:10.2174/1874340101609010001

Alavi, N., M. (2014).Self efficacy in nursing students, Nursing Midwifery Journal, 3(4). Diakses tanggal 24 Agustus 2018. Diperoleh dari: https://www.ncbi.nlm.nih.go

Chen, J., et al. (2012). Effect of health literacy to self efficacy and preventif care utilization among older adults.Geriatry Gerontology International Journal.DOI:10.1111/j.1447-0594.2012.00862.x

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: choosing among five approaches. Singapore: Sage.

Deborah, K. (2016). Health literacy concepts in nursing education. The Research Journal of The National League Nursing,37(2), 118-119. DOI: 10.5480/14-1350

Dicken, C & Piano, M. R .(2013). Health literacy and nursing: An Update. American Journal Nursing, 113 (6), 52-57, DOI: 10.1097/01.NAJ.0000431271.83277.2f

Gibbs, L., Kealy, M., Willis, K., Green, J., Welch, N., & Daly, J. (2007). What have sampling and data collection got to do with good qualitative research?. Australian and New Zealand Journal of Public Health, 31(6), 540-544. http://DOI.org/10.1111/j.1753-6405.2007.00140.x

Goto, A., Rudd, R. E., Lai, A., Yoshida-Komiha, A. (2014). Health literacy training for public health nurses in fukushima: a case-study of program adaptation, implementation and evaluation. Japan Med Association Journal, 57(3), 146-153. Diakses tanggal 24 Agustus 2018. Diperoleh dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov

Jecklin, K. S., Murray, B., Summers, B. (2012). Educating nursing students about health literacy: from the classroom to the patient bedside. The Online Journal of Issue In Nursing, 15 (3), DOI: 10.3912/OJIN.Vol15No03PPT02

Jimenez, S. (2016). Health literacy : A Shared Responsibility. Diakses tanggal 24 Agustus 2018. Diperoleh dari: https://www.nurse.com

Lambert, M., Luke, J., Downey, B., Crengle, S., Kelaher, M., Reid, S, Smylie, J. (2014). Health literacy: health professionals’ understandings and their perceptions of barriers that Indigenous patients encounter. BMC Health Service Research, 14 (614), DOI: 10.1186/s12913-014-0614-1. Diakses tanggal 24 Agustus 2018. Diperoleh dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov

Ozan, C., et al. (2012). A study on university students: self regulated learning strategies skills and self efficacy perception in terms of different variables.Social and Beharvioral Science Journal, 46, 1806-1811. DOI: 10.1016/j.sbspro.2012.05.383.

Parnell, T. A. (2016). Health literacy in nursing.The journal of Continuing Education in Nursing, 47 (10). DOI: 10.3928/00220124-20160920-03.Diperoleh dari: http://www.healio.com

Pope, C., Royen, P. V., & Baker, R. (2013). Qualitative methods in research on healthcare quality. Quality Improvement Research, 11(13), 148-152. Diperoleh dari: www.qualityhealthcare.com.

Richey, M., C. (2012). Registered nurse’s perceptions of health literacy and its effect on patient self-efficacy and patient healthcare decisions: implications for nursing education and practice. Benedictine University. Diakses tanggal 20 April 2017.

Speros, C. 1. (2012). Promoting health literacy : A nursing imperative, Nursing Clinic Journal, 46, 321-333. DOI:10.1016/j.cnur.2011.05.007

Trotter, R. T. (2012). Qualitative research sample design and sample size: resolving and unresoved issues and inferential imperatives. Preventive Medicine, (55), 398-400. http://DOI.org/10.1016/j.ypmed.2012.07.003

World Health Organization.(2013). Health literacy.Diakses tanggal 24 Agustus 2018.Diperoleh dari: http://www.euro.who.int.




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v4i2.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.