FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSKD IBU DAN ANAK PERTIWI MAKASSAR

Liliskarlina Liliskarlina, Faisal Faisal, Andi Kayani AR.

Abstract


Mutu pelayanan rumah sakit menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kepuasan pasien. Pelayanan yang berkualitas dalam konteks pelayanan di rumah sakit adalah memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarganya sesuai dengan standar kualitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan faktor dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, kenyamanan, hubungan antar manusia, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 175 responden.  Analisis data menggunakan uji chi-square  dengan α= 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi kompetensi teknis (p= 0,001), akses terhadap pelayanan (p= 0,001), hubungan antar manusia (p= 0,003), dan ketepatan waktu (p= 0,036) terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Makassar, dan tidak ada hubungan antara dimensi kenyamanan (p= 0,185) terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan anak Pertiwi Makassar.

Disarankan kepada Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Makassar memperhatikan pengunjung yang membawa anak usia dibawah 12 tahun sehingga tidak mengganggu kenyamanan pasien maupun pengunjung lain.


Keywords


Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan

Full Text:

Paper

References


Abdullah, M. T. (2014). Metode Penelitian dalam Bidang Kesehatan. Makassar: Masa Gena Press.

Amelia, Iin. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Puskesmas Paccerakang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Azwar, Azrul. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan; Edisi Ketiga. Jakarta: Binarupa Aksara.

Bustami. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Daryanto, & Setyabudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Dumbi. (2017). Tinjauan Dan Fungsi Rumah Sakit. Diperoleh dari: eprints.ung.ac.id/bab-2.pdf, diakses pada tanggal 3 juni 2019.

Eko, Widodo. (2015). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT.Rhineka Cipta.

Fitri Ani. (2010). Definisi, Tugas dan Fungsi rumah Sakit menurut WHO. Diakses melalui http://www.academia.edu.

Hamid, R, Darmawansyah & Balqis. (2013). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar 2013. Makassar: Universitas Hasanuddin

Ilahi, P. P. (2016). Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan IlmuKesehatan UIN Syarif Hidayatullah.

Irva, Irviani. (2011). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Berdasarkan kualitas pelayanan perawat di instalasi rawat inap RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Takalar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kamus Bahasa Indonesia. Diakses melalui https://kbbi.web.id/mutu

Kelmanutu, L. S. (2013). Gambaran Tentang Dimensi Mutu Pelayanan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2013. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.340/MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit.

Kurniawan Aditya. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Studi Kasus Pada Rawat Jalan. Infokes, Vol 7 No.1, February 2017.

Abd Rasak Laode. (2010). Tesis: “Analisis Hubungan Mutu Pelayanan Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSUD Wakatobi”.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat. .

Mulyadi, D. (2013). Analisis Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan pada Rumah Sakit Islam Karawang. 2(1206-1208). Jurnal Manajemen Vol.10 No.3 April 2013.

Muninjaya, G, (2011) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Muninjaya, G, (2012) Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Marzaweny, dkk. (2012). Analisis Kepuasan Pasien sebagai Media Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Volume 10, No. 3, september 2012, hlm 564-573

Munandar, (2018). Kriteria Lokasi Rumah Sakit. Diakses melalui laman http://repository.upi.edu/20113/6/S_TB_1103238_Chapter3.pdf, diakses pada tanggal 3 juni 2019.

Mosadeghrad, Ali Mohammad. (2014). Factors Influencing Healthcare service quality, Volume III, No 2, Juli 2014, hlm 77-89.

Nasution, A. (2014). Patient safety. Diakses melalui laman http://www.academia.edu/tinjauan-pustaka.html.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, Soekidjo. (2017). Metode Penelitan Kesehatan. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Nursalam, (2011). Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan professional,Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2011). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman skripsi. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika. Hal 296.

Nurhidayanti Aulia dkk. (2014). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center di Rumah Sakit Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol.2 No.1, Januari 2014

Pradita, D.C., Sugiarsi, S., & Mulyono, S. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri 2013. Skripsi. Karanganyar: APIKES Mitra Husada Karanganyar.

Profil Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Pertiwi Makasar (2018).

Rahma. (2017). Klasifikasi Rumah Sakit. Diakses melalui laman http://www.digilib.unila.ac.id/12932/14/BAN%20II.pdf, pada tanggal 3 juni 2019.

Respati, A. S. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Halmahera Kota Semarang Tahun 2014. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Shavira, Aulia. (2016). Hubungan Akses Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Tahun 2015. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh.

Siswanto, H. B. (2010). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Supriyanto dan Ernawati. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Andi.

Suryatama, Erwin. (2014). Aplikasi ISO Sebagai Standar Mutu. Jakarta : Kata Pena.

. (2010).Undang- Undang Kesehatan dan Undang- Undang No.44 tentang rumah sakit. Bandung: Fokus Indo Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v4i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats


Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.