PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSKDIA PERTIWI KOTA MAKASSAR
Abstract
Kualitas pelayanan adalah upaya pemenuhan kebutuhan yang diiringi dengan keinginan konsumen serta ketepatan cara penyampaiannya agar dapat memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan tersebut. Kepuasan pasien merupakan suatu tingkatan perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, dengan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel 109 pasien di instalasi rawat jalan RSKDIA Pertiwi Kota Makassar pada bulan mei 2019. Penelitian ini menggunakan analisa chi-square dengan tingkat signifikan 0,05. Berdasarkan penelitian ini diperoleh variabel yang berhubungan dengan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSKDIA Pertiwi Makassar adalah bukti fisik (p=0,000), kehandalan (p=0,000), empati (p=0,000), jaminan (p=0,000), ketanggapan (p=0,000).
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan manajemen RSKDIA Pertiwi makassar harus meningkatkan keramahan kapada pasien, kecepat tanggapan, dan membuat evaluasi kepuasan pasien dengan cara mebuat kotak saran.
Keywords
Full Text:
PaperReferences
Aryani Fina, Husnawaty, Muharni Septi, Sari Lia, M, & Afriani Richa. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekan Baru. Jurnal PHARMACY Vol.12 No.1 Juli 2015
Aprilia Winda, Militina Theresia, & Eka Yudhyani. (2015). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Syahranie Samarinda. Skripsi. Samarinda: Universitas 17 Agustus 1945
Az-zahra Nafz, T. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Psikosains, Vol.12 No.2 Agustus 2017
Burhanuddin Nurfardiansyah. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal MKMI Vol.12 No.1 Maret 2016
Caesaria Sectio, H. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Studi Kasus Pada Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: universitas Lampung
Efendi Rustam, Arifin Alwy, & Darmawansyah. (2013). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Aeng Gowa Kabupaten Takalar
Handayani Fitriah & Mutia Dian. (2010). Studi tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan RSUD Takalar. Jurnal Boicelebes, Vol.4 No.2 Desember 2010.
Hardi Jon. (2010). Analisis Kepuasan Pasien Umum & Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010
Hasan Imron. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien. Jawa Tengah:2016
Helmawaty Triana & Handayani Dyah, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Yang di Mediasi Oleh Kepuasan Pasien DI Klinik Rumah Sakit Zakat Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah
Hermawan Aprianty, R. (2016). Analisis Mutu Pelayanan Rawat Inap Berdasarkan Kejadian Neath Date Rate Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring
Kamil Hajjul. (2010). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di RSUDZA Banda Aceh. Idea Nursing Journal Vol.3 No.1
Kurniawan Aditya. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Rawat Jalan. Infokes,Vol 7 No.1, February 2017
Marmean, Utami Niswaty, T., & Simanjorang Asiah. (2017). Faktor Yang Mepengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017. Jurnal JUMANTIK Vol.3 No.2 Juni-November 2017
Maulida Nur, Militina Theresia, & Yudhyani Eka. (2010). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Pembantu Desa Menaman Kanan Kecamatan Muara Kama Kabupaten Kutai Kartanegara
Mumu, J.L., Kandou, D.G., & Doda, V.D. (2018). Analisi Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado
Nurhidayanti Aulia, Suryawaty Chriswardani, & Sriatmi Ayun. (2014). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center Di Rumah Sakit Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Vol.2 No.1 Januarai 2014
Pangestu Yudha, A. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Di RSU Kota Selatan Tahun 2013. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Hidayatullah
Puspitasari Wulan, & Fitriyani Neno. (2016). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Vol.4 No.2 April 2017
Putra Muhammad. (2013). Instalasi Rawat Jalan. Jurnal Rawat Jalan Mei 2013
Septiani Ani. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Sumedang
Subekti Dede. (2010). Analisii Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas Di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2010.
Supartiningsih Solichah. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit,6 (1): 9-15, Januari 2017
Sondari Aer. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Brebes Tahun 2015, Universitas Negeri Semarang.
Suwuh Kindly, M., Maramis Frankie, R. R., & Wowor Ribka, E. (2018). Hubungan Antara Jasa Kualitas Jasa pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Lawongan Utara.
DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v4i2.369
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.