Hubungan lama penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada anak pra sekolah di Tk. Tut wuri handayani kecamatan parangloe kabupaten gowa.
Abstract
Tujuan: Untuk menganalisis secara mendalam Hubungan Lama Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Pada Anak Pra Sekolah di Tk. Tut Wuri Handayani Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa 2019. Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif dengan adalah rancangan penelitian analitik deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional yang merupakan penelitian yang menekankan pada waktu pengukuran observasi data variabel independen dan dependen di nilai hanya satu kali pada satu saat dan lembar Kuesioner.Hasil: Didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: Adanya Hubungan lama penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak pra sekolah dengan nilai sig.(2-tailed) 0,000. setelah dilakukan perhitungan statistik dengan uji spearman’s rho, didapatkan hasil sebesar 0,000 lebih kecil < 0,01.Implikasi penelitian bahwa masih ada beberapa responden yang kurang interaksi sosialnya karena penggunaan gadget. Rekomendasi: perlu adanya peran orang tua utuk selalu memperhatikan pola aktivitas anak dan juga dukungan keluarga untuk berperan aktif dalam mencapai interak sisosial yang baik pada anak.
Kata kunci: : Anak Pra Sekolah, Gadget, Interaksi Sosial
Full Text:
Full PaperReferences
Ain. (2017). Tinjauan Pustaka Teori Dann Konsep Seputar Gadget. Diperoleh dari: repo.iain- tulungagung.ac.id/8562/5/BAB%20II.pdf. Diakses 24 Maret 2019.
Agung. (2016). Pengaruh Gadget terhadap Anak Dalam Interaksi Keluarga Muslim Perumahan Winong Kotagede Yogyakarta. Diperoleh dari: http://digilib.uin- suka.ac.id/23243/1/12540041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf. Diakses 23 Maret 2019.
Anjelina. (2017). Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah Usia 3 sampai 6 Tahun. Diperoleh dari: https://ajenangelina.com/tumbuh-kembang-anak-pra-sekolah-usia-3- sampai-6-tahun/. Diakses 25 Maret 2019.
Andi. (2017). Kajian Teori Definisi Anak Pra Sekolah. Diperoleh dari: digilib.uinsby.ac.id/11056/4/bab2.pdf. Diakses 25 Maret 2019.
Anwar. (2016). Teori Interaksi Sosial. Diperoleh dari: eprints.ums.ac.id/45469/8/Skripsi%20Khoirul%20BAB%20II.pdf. Diakses 24
Maret 2019.
Apji. (2015). Persentase Pengguna Internet Tertinggi. Diperoleh dari: https://dailysocial.id
› Business › Berita. Diakses 23 Maret 2019.
Chusna. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Diperoleh dari: ejournal.iain-
tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/download/842/586. Diakses 23
Maret 2019.
Damayanti. (2017).Landasan Teori Gadget. Diperoleh dari: repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15552/F.%20BAB%20II.pdf?
...Diakses 24 Maret 2019.
Damayanti. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Gadget. Diperoleh dari: http://terknologimasakini.com/2016/03/dampak-positif-dan-negatif- penggunaan.html. Diakses 25 April 2019.
Darto. (2014). Pengelola Data Elektronik Malang. Diperoleh dari: http://bantur.malangkab.go.id/?page_id=4782, Diakses 25 Maret 2019.
Dewi. (2016). Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial. Diperoleh dari: http://eprints.ung.ac.id/3553/6/2013-2-69201-281409051-bab2- 06012014073754.pdf. Diakses 24 Maret 2019.
Effendi. (2016). Tinjauan Umum Anak Pra sekolah. Diperoleh dari: eprints.ums.ac.id/46410/3/BAB%20I.pdf. Diakses 25 Maret 2019.
Firman. (2018). Anak Usia Pra Sekolah. Diperol dari: repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/59012/4/Chapter%20II.pdf. Dakses 25 Maret 2019.
Gunawan. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di Tk Pgri 33 Sumurboto, Banyumanik. Diperoleh dari: http://eprints.undip.ac.id/55141/1/Proposal_Meta_Anindya_(22020113120050)
.pdf. Diakses 26 Juni 2019.
Hamdan. (2018). Manfaat Gadget Bagi Pelajar. Diperoleh dari: iniartikelteknologi. com/2016/04/gadget-bagi-pelajar.html. Diakses 24 Maret 2018.
Hidayat. (2014). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayati. (2013) Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan psikologis Anak Usia Dini. Skripsi
Hurlock EB. (2002). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Surabaya: Erlangga.
Hurlock EB. Perkembangan anak. Ed 6. Jakarta: Erlangga; 2005.
Istiqomah. (2015). Kajian Interaksi Sosial. Diperoleh dari: http://etheses.uin- malang.ac.id/1201/6/11410012_Bab_2.pdf. Diiakses 24 Maret 2019.
Iswidharmanjaya D & Agency B. Panduan bagi orang tua untuk memahami faktor-faktor anak kecanduan gadget. Bisakimia; 2014.
Lighter D. (1999). Gentle discipline: 50 cara efektif menanamkan tingkah laku positif pada anak. Yogyakarta: Kanisius
Mayar F. Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Jurnal Al-Ta'lim. 1. (6). h:459-464. Padang; 2013.
Mubashiroh. Gadget, penggunaan dan dampak pada anak-anak. Jurnal Ilmiah. Semarang; 2013.
Novitasari W & Khotimah N. (2016). Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. J PAUD teratai. 182–6.
Nursalam. (2008). Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan 2008. Pedoman skripsi,tesis,dan Instrumen penelitian keperawatan. Diperoleh dari: https://books.google.co.id/books?id=62jmbdySq2cC&q=definisi+operasional&hl
=id&source=gbs_word_cloud_r&cad=5#v=snippet&q=definisi%20operasional&f=f alse, diakses 25 Maret 2019.
Nursalam. (2011). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan .
Salemba Medika: Jakarta.
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Diperoleh dari: http://ners.unair.ac.id/materikuliah/0%20BUKU%20MANAJEMEN- MAK%20165%20197.pdf. Diakses 25 Maret 2019.
Paulus. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Anak Di Zaman Sekarang. Diperoleh dari: http://paulustann.com/2016/03/contoh-makalah-psikologi-sosial.html. Diakses 24 Maret 2019.
Pratiwi DI, Indriyani D, Komarudin. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku sosial pada anak prasekolah di TK Pertiwi Rambipuji Jember. Jember.
Rideout V. Zero to eight: electronic media inthe lives of infants, toddlers and preschoolers.
Common Sense Media Research Study; 2013.
Rowan C. The impact of technology on the developing child [internet]. US: The Huffington Post; 2013 [diubah Juli 2013; diakses pada 31 Maret 2017].Dari:http://www.huffingtonpost.com/cris-rowan/technologychildren- negative-impact_b_3343245.html. Diakses 19 Agustus 2019.
Salsabila S. (2016). Pengaruh lama penggunaan gadget terhadap perkembangan anak di TK Al-Azhar Banda Aceh. Banda Aceh.
Saraswati. (2018). Intensitas Bermain Gadget Anak Usia Dini. Diperoleh dari: eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2542/3/BAB%20II.pdf. Diakses 24 Maret 2019.
Sari. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun.
Diperoleh dari: https://ejournal.stikespku.ac.id/index.php/mpp/article/download/124/111. Diakses 23 Maret 2019.
Sabri, & Hastono (2014). Statistik Kesehatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo.
Setianingsih. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Diperoleh dari: http://www.jurnal.stikes- aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/297. Diakses 23 Maret 2019.
Setyawan, A. (2014). Tinjauan Pustaka, Kerangka Teori Dan Kerangka Konsep Penelitian.Diperoleh dari: https://www.slideshare.net/adityasetyawan/tinjauan-pustaka-kerangka-teori- kerangka-konsep-penelitian, Diakses 23 Maret 2019.
Sinta. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Di Tk Aisyiyah.
Diperoleh dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/23853/18708. Diakses 23
Maret 2019.
Sidik. (2018). Pengguna Perangkat Mobile di Indonesia. Diperoleh dari: https://teknologi.bisnis.com/read/20180201/101/733037/pengguna- perangkat-mobile-di-indonesia-semakin-tinggi-ini-datanya. Diakses 23 Maret 2019.
Sri. (2012). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Manfaat Bermain Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Tk Kasih Ibu Ptpn Iv Afd 8-9 Desa Bangun Purba Tengah Kec. Bengun Purba Kab.Deli Serdang. Diperoleh dari: http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/31499/Appendix.pdf
?sequence=1&isAllowed=y. Diakses 25 Maret 2019.
Starburger. (2011). VC.Children, adolescents, obesity and the media. Pediatrics
Sultan. (2013) Proses-proses Sosial dan Interaksi Sosial pdf, http// elearning gunadarmaac.id/docmodul/Pengantar Sosial dan Ilmu Sosial Dasar, Diakses 4 agustus 2019.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sujianti. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Diperoleh dari: http://ejournal.poltekkes- smg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb/article/download/3735/917. Dikses 30 Juli 2019.
Susanto A. (2012). Perkembangan anak usia dini: pengantar dalam berbagai aspeknya.
Jakarta: Kencana prenada media group.
Syofia. (2018). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia. Diperoleh dari: https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/634/569. Diakses 5 Mei 2019.
Velderman, dkk. (2010). Identification and management of psychosocial problems among toddlers by preventive child health care professionals. European Journal of Public Health; 20(3):332-338.
Widiawati I, Sugiman H, Edy(2014) Pengaruh Penggunan Gadget TerhAdap Daya Kembang Anak. Jakarta : Universitas Budi Luhur, Diakses 4 agustus 2019.
Winda Gustina. (2010), Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak usia Dini, Jakarta: Universitad Terbuka, hal 3.21, Diakses 4 agustus 2019.
Witarsa. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Diperoleh dari: jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/432/334/. Diiakses 23 Maret 2019.
Wrahatnala, B. (2018). Pengolahan Data Kuantitatif Dalam Penelitian Sosial. Diperoleh dari: http://www.ssbelajar.net/2012/11/pengolahan-data-kuantitatif.html, Diakses 25 Maret 2018.
DOI: https://doi.org/10.33857/jns.v6i1.514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Editorial office:
Jalan Tun Abdul Razak, (Hertasning Baru), Poros Makassar-Gowa,Kode pos 92113, Sulawwesi Selatan, INDONESIA
Telpon: 0411-8225111, 0411-8225112, 0411-822113
Email: upa@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.