Peningkatan Produktivitas Melalui Pelatihan Manajemen Usaha Dan Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Kerajinan Bambu Di Kelurahan Tongole Kecamatan Ternate Tengah
Abstract
Bambu memiliki peran penting bagi masyarakat, serta fungsinya yang serba guna dalam kehidupan sehari-hari. Selainu itu, pelaku usaha pengrajin bambu di kelurahan Tongole telah memanfaatkan bambu tersebut menjadi berbagai macam kerajinan serta alat-alat kebutuhan rumah tangga. Produk olahan yang diciptakan masih sangat sederhana. Kondisi tersebut akan berdampak pada langkanya bambu dimasa yang akan datang serta nilai produk yang diciptakan rendah dan tidak diminati pasar. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan yang mendorong para akademisi untuk memberikan upaya penanggulangan melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Peningkatan Produktivitas melalui pelatihan manajemen usaha dan pemasaran online produk kerajinan bambu di kelurahan Tongole Ternate Tengah Kota Ternate. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yaitu tanggal 12 Oktober 2023 di Kantor kelurahan Tongole kecamatan Ternate Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen usaha dan pemasaran online bagi pelaku usaha dalam pengelolaan produk kerajinan bambu yang bernilai estetika seni tinggi guna meningkatkan produktivitas. Kegiatan PKM ini diberikan dalam bentuk pelatihan, bimbingan,dan konsultasi. Para peserta diberikan materi yang berkaitan dengan manajemen usaha seperti kiat menjadi wirausaha sukses, pemasaran digital praktis, dan kreativitas yang menunjang kelangsungan hidup dan pengembangan usaha yang telah dijalankan. Hasil dari kegiatan pelatihan tersebut, nampak bahwa pelaku usaha kerajinan bambu lebih termotivasi mengembangkan kreativitas dari hasil produksi bambu guna bernilai jual tinggi yang akan berdampak terhadap pengembangan industri olahan bambu tersebut. Selain itu, peserta pelatihan yang didominasi oleh pengrajin bambu rumah tangga berhasil menghasilkan berbagai macam kreasi seni bambu yang menarik dan siap untuk dipasarkan. Selain itu pengrajin bambu juga menyatakan telah memasarkan produknya melalui media online, tetapi kendalannya pada biaya tranportasi yang dirasakan cukup mahal untuk pengiriman barang keluar daerah seperti wilaya kabupaten di luar kota Ternate. Para pelaku usaha pengrajin bambu mengharapkan perhatian dan bantuan pemerintah daerah kota Ternate untuk keberlanjutan usaha mereka.
Keywords
Full Text:
50 - 55References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: MitraWacana Media.
Ardana, Komang, Ni Wayan Mujiati, dan I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Graha Ilmu
Abdul Halik, Muizzu Nurhadi, Daniel Filbert, Pelatihan Peningkatan Produktivitas UKM Kerupuk Lontongan Di Dusun Bates Desa Banangkah, Kec. Burneh, Kabupaten Bangkalan
Choliq, Abdul. (2011). Pengantar Manajemen, Semarang. Rafi Sarana Perkasa
Hasibuan, Malaayu, S.P, (2011). Manajemen : Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta. Bumi Aksara
Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian), Terjemahan Jaka Wasana, Institut dan Pembinaan Manajemen, Jilid I, Edisi Kelima, Cetakan Ketujuh. Jakarta. Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 7 Tahun 2O2I tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
Rewah, J.M. 2018. Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat. Cogito Smart Journal. 4(1):24-36. Doi: 10.31154/cogito.v4i1.99.24-36
Suryana. 2006. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat
Setiawan, B. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 1(2), 135-147.
Setiawan, Budi. (2010). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Bambu di Wilayah Kampung Pajeleran Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, vol. 1, no. 2, 135-147
Tulus T.H. Tambunan, (2009), UMKM di Indonesia, (Bogor : Ghalia Indonesia)
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
____________ . 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
Wahyudi, Agustinus. 2006. Strategi Diversifikasi Produk. Bandung: Mandar Maju
Wibowo, D.H., Arifin, Z. & Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis. 29(1):59-66
DOI: https://doi.org/10.33857/pajoco.v4i1.865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Abdul Hadi Sirat, Abdul Rahman Jannang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
Editorial Office
Jl.Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar - Gowa Kode Pos 92113, Sulawesi Selatan, Indonesia. Email : pajoco@patria-artha.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.