ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENYIMPAN DANA PADA BANK UMUM SYARIAH DI MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh bauran pemasaran jasa dan kualitas layanan terhadap keputusan nasabah menyimpan dana pada Bank umum syariah di Makassar baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket, data yang terkumpul berupa data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode incidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa (X1) dan kualitas layanan mempunyai (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menyimpan dana pada bank Umum Syariah di Makassar. Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi (R) diperoleh nilai R sebesar 0,827 menunjukkan adanya hubungan yang kuat. Nilai koefisien determinasi (R2) keputusan nasabah menyimpan dana dijelaskan oleh bauran pemasaran jasa dan kualitas layanan sebesar 0,683 atau sebesar 68,30 %. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa bahwa variabel bauran pemasaran jasa (X1) dan kualitas layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menyimpan dana pada bank umum syariah di Makassar. Uji F menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan nasabah menyimpan dana pada bank umum syariah di Makassar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.33857/jafr.v3i2.294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office: Department of Accounting, Faculty of Economic, Patria Artha University. Jln. Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), Poros Makassar–Gowa, South Sulawesi, Indonesia. | Tel./Fax : +62411-8225111 / +62411-8225112 | Email : jafre@patria-artha.ac.idÂ